Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Lebak, Banten menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang kesulitan mendapatkan pangan guna meringankan beban ekonomi mereka.
 
Wakil Ketua III Baznas Kabupaten Lebak Eri Rachmat di Rangkasbitung, Kamis, mengatakan pihaknya setiap hari menyalurkan bantuan pangan kepada masyarakat dari keluarga miskin.
 
Bantuan pangan untuk mereka itu, katanya, berasal dari para muzaki dan zakat dari berbagai instansi pemerintah, swasta, dan BUMN.
 
"Kami bisa membantu penyaluran pangan untuk warga miskin dari penghimpunan dana dari muzaki dan berbagai instansi," katanya.

Baca juga: 500 kyai di Serang terima bantuan sembako dan uang tunai

Seorang warga Desa Rangkasbitung Timur, Kabupaten Lebak yang juga penerima bantuan itu, Ma Omah (75), menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diterima melalui penyaluran oleh Baznas setempat.
 
"Kami banyak terima kasih kepada Baznas Lebak yang peduli terhadap warga yang kesulitan pangan dengan menerima beras sebanyak satu karung dan telur," kata dia.
 
Ia mengaku selama ini keluarganya kesulitan untuk memenuhi ketersediaan pangan akibat kesulitan ekonomi.
 
Ia mengatakan kesulitan ekonomi, antara lain karena dahulu suaminya yang bekerja sebagai pengojek motor, saat ini sudah tidak bekerja lagi karena stroke, sedangkan dirinya sudah tidak mampu lagi bekerja sebagai asisten rumah tangga.

Baca juga: Penerimaan zakat fitrah, Baznas Kota Tangerang optimalkan peran 161 UPZ
 
Selama ini, dia mengaku, kesulitan ekonomi sehingga tak mampu memenuhi ketersediaan pangan untuk keluarga. Bahkan, terkadang saat malam hari harus ke rumah teman untuk minta makan atau beras.
 
"Kami merasa senang dan lega mendapatkan bantuan beras dan telur serta uang," katanya.
 
Seorang warga Kecamatan Kalanganyar, Kabupaten Lebak, Budiman (56), mengaku bantuan beras satu karung, tiga kilogram telur, dan uang Rp110 ribu yang disalurkan Baznas setempat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

"Kami terkadang buka puasa Ramadhan ini cukup dengan minum air dan sahur juga makan pisang serta singkong," kata dia.

Baca juga: Baznas: Kesadaran bayar zakat umat Islam di Banten meningkat

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024