Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tangerang Banten mengoptimalkan peran 161 Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dalam penerimaan dan pengumpulan pembayaran zakat fitrah dari masyarakat.

"Kita sudah membuka pembayaran zakat fitrah sejak awal Ramadhan dan bisa disalurkan oleh masyarakat melalui UPZ ditunjuk," kata Ketua BAZNAS Kota Tangerang KH Aslie Elhusyairy di Tangerang Selasa.

Perlu diketahui berdasarkan Surat Keputusan (SK) Baznas No. 10 tahun 2024 tentang zakat fitrah dan fidyah untuk kawasan Jabodetabek ditetapkan sebanyak 2,5 kilogram atau 3,5 liter atau senilai Rp45 ribu per orang.

KH Aslie Elhusyairy pun mengajak semua lapisan masyarakat untuk menyempurnakan ibadah Ramadan dengan bersama-sama menunaikan zakat fitrah melalui program BAZNAS Kota Tangerang.

"Terlebih, program zakat fitrah di sini mempunyai banyak keunggulan, seperti caranya yang mudah serta terpercaya,” kata dia.

Baca juga: Baznas: Kesadaran bayar zakat umat Islam di Banten meningkat

Baznas Kota Tangerang, lanjutnya, menargetkan penerimaan zakat fitrah pada tahun 2024 sebesar Rp8 miliar, meningkat dari tahun sebelumnya.

Kemudian selain melalui UPZ, program zakat fitrah juga dapat ditunaikan melalui kotatangerang.baznas.go.id atau transfer melalui BSI/588-855-8870 a.n BAZNAS Kota Tangerang.

“Nantinya, semua zakat fitrah yang diterima akan dikelola secara langsung oleh Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dan disalurkan ke kelompok masyarakat yang membutuhkan, seperti fakir miskin, amil, mualaf, dsb,” tambahnya.

Untuk informasi lebih lengkap, BAZNAS Kota Tangerang telah membuka pusat layanan informasi melalui nomor telpon 0812-8441-8886.

Baca juga: Baznas Tangerang gelar pelatihan "fundraising" untuk pengumpulan zakat Ramadhan

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024