Sebanyak 500 orang kyai di 29 Kecamatan, Kabupaten Serang, Banten menerima bantuan sembako dan uang tunai dari Pemerintah Kabupaten Serang sesuai arahan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).
 
Sekda Kabupaten Serang Nanang Supriatna, di Serang, Banten, Jumat, mengatakan bantuan ini dikhususkan untuk para kyai sebagai bentuk apresiasi Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah sesuai arahan Baznas Pusat dan Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI).
 
"Tujuan ini selain apresiasi juga untuk memberikan semangat dalam membantu pemerintah daerah dan menjaga kondusifitas di masyarakat," katanya Sekda Serang, Jumat.

Baca juga: Safari Ramadhan Pemkot Serang bantu tingkatkan penerimaan zakat
 
Selain itu, kata Nanang bantuan ini juga untuk memberikan semangat kepada para kyai dalam membina dan menjaga situasi kondisi masyarakat di wilayah Kabupaten Serang yang dikolaborasikan dengan para camat di wilayahnya masing-masing untuk menjaga hubungan yang baik.
 
Penyaluran ini merupakan Program Tarhib Ramadan 1445 H/2204 Masehi. Bantuan 500 paket sembako dan uang tunai untuk para Kyai,
 
"Tujuan intinya supaya para kyai merasa diperhatikan dan ini merupakan bentuk apresiasi yang sangat luar biasa dari Ibu Bupati dan Pemda Kabupaten Serang dengan memberikan bantuan," katanya.

Baca juga: Baznas: Kesadaran bayar zakat umat Islam di Banten meningkat
 
Sementara itu, Ketua Baznas Kabupaten Serang Badrudin mengatakan program tersebut atas kerja sama Baznas Kabupaten Serang dan Pemkab Serang menindaklanjuti perintah Baznas Pusat dan Kemenag RI untuk memberikan santunan di bulan Ramadhan.
 
Untuk bantuan yang diberikan yakni sebanyak 500 paket sembako dan uang saku sebesar Rp200 ribu per orang.
 
”Kita berikan kepada para kiyai yang tersebar di 29 kecamatan, setiap kecamatan mendapatkan kuota 17 orang  kyai. Ini program yang kedua kalinya, sebelumnya saat pandemi COVID-19 diberikan untuk 1.000 kyai," ujarnya.

Baca juga: Target penerimaan ZIS Baznas Kabupaten Serang Rp26,55 miliar

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024