Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Lebak, Banten menggelar donor darah di kawasan Alun-alun Rangkasbitung menjelang Ramadhan 2024 untuk menambah ketersediaan darah selama bulan puasa.
 
"Kita berharap permintaan darah untuk pasien selama bulan Ramadhan terpenuhi," kata Koordinator Lapangan Mobil Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Lebak Adi Setiadi di Lebak, Minggu.
 
Selama ini, katanya, persediaan darah di Kabupaten Lebak relatif aman dan permintaan pasien selalu terpenuhi.

Baca juga: Peringati HUT Ke-78 Persit KCK, Grup 1 Kopassus gelar donor darah
 
Stok darah di PMI Lebak di atas 1.000 kantong, terdiri atas golongan darah A, B, O dan AB, termasuk darah trambosit, dan saat ini pasien DBD cukup banyak permintaan darah trambosit.
 
"Kita berupaya untuk memenuhi ketersediaan darah dengan menggelar donor di berbagai lokasi, termasuk di Alun-alun Rangkasbitung," katanya.
 
Menurut dia, bagi pendonor ada beberapa manfaat untuk kesehatan, di antaranya sirkulasi darah berjalan lancar, menyehatkan organ tubuh serta kondisi badan segar, juga dapat mencegah stroke.
 
Karena itu, masyarakat berbagai komponen bisa menjadi pendonor agar derajat kesehatan mereka meningkat. Biasanya, pada bulan suci Ramadhan permintaan darah bagi pasien di rumah sakit cenderung meningkat.
 
Oleh karena itu, pihaknya mengoptimalkan kegiatan mencari pendonor dengan melibatkan mobil UDD guna memenuhi kebutuhan darah tersebut.

Baca juga: Markas baru PMI Kota Tangerang bisa jadi tempat pelatihan relawan
Para pendonor bisa melakukan pengambilan darah di lokasi dengan pelayanan mobil UDD itu. "Kami minta berbagai komponen secara sukarela menjadi pendonor untuk membantu pasien yang membutuhkan darah," kata Adi.
 
Sementara itu, Abdulrahman (40), warga Rangkasbitung Kabupaten Lebak mengaku dirinya secara sukarela menjadi pendonor dengan pengambilan darah oleh petugas UDD PMI setempat.
 
"Kami merasa senang sebagai pendonor untuk membantu pasien yang membutuhkan darah," katanya.

Baca juga: PMI Tangerang distribusikan bantuan pada warga terdampak banjir

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024