Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang mengungkapkan markas baru di Perumahan Moderland bisa digunakan sebagai tempat pelatihan, tempat bermain sekaligus edukasi untuk para relawan.

"Jadi, gedung ini sebagai penunjang kegiatan-kegiatan kemanusiaan. Di markas ini terdapat berbagai ruangan yang dapat dimanfaatkan, seperti aula dan tempat pelatihan donor darah,” kata Ketua PMI Kota Tangerang Oman Jumansyah usai acara peresmian markas baru PMI Kota Tangerang, Sabtu.

Adapun fasilitas di gedung PMI Kota Tangerang yang baru yakni ruang petugas pelayanan ambulans posko 24 jam, aula diklat, ruang relawan, ruang konseling, pelayanan donor darah, (donor darah biasa, donor apheresis, fraksionasi plasma), dan pengambilan darah.

Baca juga: PMI Tangerang distribusikan bantuan pada warga terdampak banjir

Oman berharap Markas Kelapa Indah Unit ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin dan para relawan serta PMR yang dilantik dapat menjadi agen-agen yang dapat membantu masyarakat sekitar.

“Pada intinya PMI Kota Tangerang selalu siaga dan siap membantu dalam aksi kemanusiaan baik bencana alam, bencana sosial, dan juga pelayanan kepalangmerahan,” katanya.

Dalam peresmian markas baru, dilaksanakan juga pelantikan gabungan 1.725 Palang Merah Remaja (PMR) tingkat Mula, Madya, Wira se-Kota Tangerang tahun 2024 dan Relawan Korps Sukarela Unit Perguruan Tinggi Poltekkes Kemenkes Banten sebanyak 40 orang.

Untuk relawan PMR, jumlah sekolah yang diundang sebanyak 79 sekolah dengan rincian Tingkat Mula 1 dengan rincian laki-laki 2 orang dan perempuan 8 orang, Tingkat Madya 38 dengan rincian laki-laki 111 orang dan perempuan 792 orang, Tingkat Wira 39 dengan rincian laki-laki 119 orang dan perempuan 693 orang.

Baca juga: Peringati HUT Ke-78 Persit KCK, Grup 1 Kopassus gelar donor darah

Sementara itu, Koordinator Forum Remaja Palang Merah Indonesia Syifa mengaku sangat senang dan bangga karena suara para relawan didengar untuk disediakannya tempat pelatihan dan belajar secara layak dengan fasilitas yang baik.

“Alhamdulillah, Markas Kelapa Indah Unit ini nyaman sekali untuk kita para relawan berkumpul dan belajar bersama. Semoga dengan adanya fasilitas ini kita bisa meningkatkan kemampuan kita dalam kepalangmerahan untuk membantu masyarakat,” kata dia.

Penjabat Wali Wali Kota Tangerang Nurdin berharap markas PMI yang baru ini dapat digunakan untuk meningkatkan kompetensi dan pelayanan para relawan

“Saya berharap markas ini bisa digunakan untuk meningkatkan kompetensi para anggota juga pelayanan kepada masyarakat, serta menjadi branding PMI Kota Tangerang,” katanya.

Ia juga mengapresiasi peran PMI Kota Tangerang dalam membantu masyarakat, terutama dalam penanggulangan bencana alam di Kota Tangerang.

“PMI Kota Tangerang sensitif terhadap lingkungan, aktif dalam membantu masyarakat, terutama dalam penanggulangan bencana alam. Saya atas nama Pemerintah Kota Tangerang mengucapkan terima kasih kepada seluruh relawan PMI Kota Tangerang atas dedikasinya,” kata dia.

Baca juga: Pemkot Tangerang kedepankan pengelolaan sampah berbasis masyarakat

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024