Bank Central Asia (BCA) mengajak 1.4 juta mitra merchant untuk menggunakan aplikasi "Merchant BCA" karena bisa mengecak cek transaksi EDC BCA & QRIS real time hingga pemantauan pendapatan secara real-time.

"Mitra merchant kini dapat melihat gambaran menyeluruh tentang transaksi keuangan mereka, sehingga memberdayakan mereka untuk membuat keputusan yang terinformasi. Jika dibutuhkan, laporan transaksi dapat diunduh dan dikirimkan ke email untuk kemudahan pelaporan," kata Direktur BCA Santoso dalam acara Peluncuran aplikasi Merchant BCA di ICE BSD Kabupaten Tangerang, Sabtu.

Ia mengatakan hadirnya Merchant BCA berawal dari masukan dari mitra usaha yang menggunakan layanan EDC yang kerap adanya gangguan sinyal maupun kehabisan kertas. Hal ini kemudian menjadi kendala dalam pencatatan keuangan.

Baca juga: Transaksi KPR perumahan di "BCA Expoversary" capai Rp23 triliun

Hal lain yang juga jadi faktor pendorong adalah pertumbuhan usaha, terutama jelang bulan Ramadhan. Saat ini banyak masyarakat yang sudah beralih menggunakan transaksi uang elektronik yakni Qris.

Mitra merchant tentunya membutuhkan alat pendukung transaksi yang mudah, sederhana dan bisa dipantau jumlahnya setiap saat. Maka itu, BCA kemudian melakukan terobosan dengan membuat aplikasi "Merchant BCA".

"Aplikasi Merchant BCA juga menghadirkan fitur pengajuan EDC atau QRIS Statis, sehingga meningkatkan kenyamanan dan kemudahan bagi mitra merchant untuk memperoleh perangkat transaksi," kata Santoso.

Baca juga: Di Tangerang, BCA Expoversary tawarkan penawaran spesial

EVP Pengembangan Solusi Kerjasama dan Transaksi Perbankan BCA Hendra Tanumihardja menambahkan aplikasi ini didesain sebagai solusi terdepan yang dirancang untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala termasuk (UMKM).

"Aplikasi Merchant BCA merupakan sarana komprehensif bagi mitra merchant untuk menyederhanakan transaksi keuangan, meningkatkan efisiensi operasional, dan mendukung pertumbuhan bisnis," katanya.

Dikatakan Hendra, aplikasi Merchant BCA menawarkan fitur yang memberikan informasi dan solusi terkait EDC atau QRIS selama 24 jam dalam tujuh hari penuh. Lalu memudahkan merchant untuk mengajukan pelaporan kendala melalui aplikasi, untuk kemudian ditindaklanjuti oleh BCA. 

Lalu di aplikasi ini, merchant bisa mengatur hak akses untuk kebutuhan berbagai fungsi user, mulai dari super admin (owner), admin, finance, hingga hak akses untuk user kasir.

"Kami percaya pada kekuatan inovasi untuk mendorong kemajuan bisnis dan pertumbuhan perekonomian nasional," katanya.

Baca juga: Di Tangerang, BCA Expoversary tawarkan penawaran spesial

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024