Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengajak Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Banten melalui Kantor Imigrasi agar berperan optimal dalam peningkatan pendapatan daerah dan percepatan investasi di daerah itu.

"Ke depan kita memiliki kewenangan atas pajak warga asing relevansi yang kuat dengan keimigrasian. Dan prosesnya bagian dari pendapatan daerah yang memungkinkan daya dukung untuk pembiayaan pembangunan,” kata Al Muktabar saat menghadiri Hari Bhakti Imigrasi ke-74 di pelataran Kantor Wilayah Kemenkumham Banten, di Serang, Jumat.

Sesuai arahan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, kata dia, Imigrasi juga berperan penting dalam memberikan penambahan pendapatan daerah dan percepatan investasi.

"Imigrasi sebagai salah satu etalase penghubung antarnegara dan daerah di Provinsi Banten," katanya.

Baca juga: Peringati Hari Bhakti, Kemenkumham Banten minta Imigrasi beri layanan terbaik

Ia menyebutkan Imigrasi juga merupakan identitas kebangsaan yang memberikan kemudahan dalam menggunakan digitalisasi dan berbagai langkah pemanfaatan teknologi mutakhir sesuai peradaban.

Sehingga, kata dia, dengan langkah itu diharapkan mampu memudahkan dan mempercepat pendapatan daerah ataupun investasi.

“Kita tahu pendapatan daerah dan investasi yang berkembang itu akan berdampak positif bagi upaya percepatan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Baca juga: Hari Bhakti Imigrasi ke-74, Kemenkumham Banten gelar upacara tabur bunga

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Banten Dodot Adikoeswanto mengatakan sesuai tema Hari Bhakti Imigrasi ke-74 seluruh jajaran Kanwil Kemenkumham Banten terutama Keimigrasian telah menggunakan digitalisasi.

Menurut dia, pihaknya sudah memasuki mal-mal pelayanan publik di Provinsi Banten untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Ia juga menyebutkan sebagai kontribusi dalam menghadapi pemilu 2024 pihaknya juga terus melakukan pengawasan dan pemantauan terhadap warga negara asing (WNA) sebagai peran keimigrasian yang signifikan.

“Intinya bahwa Keimigrasian Kemenkumham berkomitmen memberikan layanan terbaik kepada masyarakat, seperti di mal-mal pelayanan publik mengurus paspor dan izin tinggal untuk warga asing, serta pemilu 2024 kita awasi itu,” kata Dodot.

Upacara peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-74 yang mengangkat tema “Transformasi Peran Keimigrasian Melalui Strategi Digitalisasi” itu diikuti Ketua DPRD Provinsi Banten Andra Soni, Kepala Kejaksaan Tinggi Banten Didik Farkhan Alisyahdi dan anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Banten (Forkopimda) lainnya.

Baca juga: Kantor Imigrasi Serang berikan bansos pasien thalassemia
 

Pewarta: Mulyana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024