Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Serang menetapkan lokasi kampanye rapat umum atau kampanye terbuka di tiga lokasi yakni Stadion Maulana Yusuf, Gapura Indra Hall dan Bumi Perkemahan Walantaka untuk peserta Pemilu 2024 melalui sistem blok.
 
Koordinator Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia KPU Kota Serang, Ade Jahran, di Serang, Banten, Jumat, mengatakan sistem blok disepakati oleh KPU Kota Serang dan partai politik peserta Pemilu 2024 karena keterbatasan lokasi.
 
"Karena memang di Kota Serang ini untuk lapangan terbuka yang cukup luas itu masih terbatas. Untuk itu, kita sepakat menggunakan sistem blok," katanya.

Baca juga: 65 TPS di Banten sulit untuk akses distribusi logistik Pemilu 2024
 
Ade menjelaskan untuk penerapan sistem blok nantinya seluruh partai politik akan mengikuti calon presiden dan wakil presidennya masing-masing untuk turut melakukan kampanye terbuka.
 
"Jadi partai politik mengikuti masing-masing capres dan cawapresnya. Misalkan pasangan capres cawapres nomor urut 01 diikuti partai pengusung dan begitu seterusnya," katanya.
 
Ade menjelaskan awalnya KPU Kota Serang memiliki empat rekomendasi lokasi yang nantinya akan digunakan oleh peserta Pemilu 2024 untuk kampanye terbuka. Namun dalam perjalanan satu lokasi dibatalkan karena akan digunakan untuk kegiatan pasar malam.

Baca juga: Aplikasi SIREKAP bantu pantau hasil hitung Pemilu 2024
 
"Awalnya ada empat lokasi, pertama Stadion Maulana Yusuf, Gapura Indra Hall, dan Bumi Perkemahan Walantaka. Tapi untuk lapangan di Walantaka yang awalnya sudah oke, tapi tidak bisa karena dipakai untuk pasar malam,” jelasnya.
 
Maka dari itu, kata Ade, sistem blok ini diterapkan sebagai upaya menyiasati keterbatasan lokasi.
 
"Sebenarnya lapangan di Kota Serang banyak, tapi ketika kita datangi mereka tidak mengizinkan. Karena itu ada yang punya perusahaan dan pribadi," katanya.
 
Ade mengatakan setelah ini pihaknya akan menentukan terkait keputusan jadwal kampanye untuk peserta Pemilu 2024 di tiga lokasi tersebut.

Baca juga: KPU Tangerang distribusikan logistik pemilu ke kecamatan terluar

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024