Dinas Kesehatan Kota Tangerang berharap puskesmas yang telah mendapatkan akreditasi Paripurna dari Lembaga Akreditasi Kemenkes dapat memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat.

"Capaian ini diharap dapat terus dipertahankan dan menjadi motivasi bagi puskesmas lainnya, sehingga dapat terus memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat Kota Tangerang," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr. Dini Anggraeni di Tangerang, Selasa.

Ia menyebutkan pada Desember 2023 ada sebanyak sembilan puskesmas di Kota Tangerang yang telah mendapatkan akreditasi Paripurna.

Baca juga: Puskesmas Panunggangan Tangerang raih penghargaan pelayanan ramah anak

Sembilan puskesmas tersebut adalah Puskesmas Paninggilan, Puskesmas Panunggangan Barat, Puskesmas Petir, Puskesmas Manis Jaya, Puskesmas Poris Plawad, Puskesmas Poris Gaga Lama, Puskesmas Periuk Jaya, Puskesmas Gebang Raya, dan Puskesmas Gembor.

"Di penghujung tahun 2023 kemarin sembilan puskesmas di Kota Tangerang telah meraih akreditasi Paripurna dari Kemenkes RI. Tingkatan Paripurna ini merupakan tingkatan paling tinggi dari empat tingkatan yaitu Strata Dasar, Madya, Utama, dan Paripurna," katanya.

Ia menjelaskan akreditasi dilakukan sebagai upaya berkelanjutan dalam memperbaiki sistem pelayanan dan kinerja yang berfokus pada kebutuhan masyarakat, keselamatan, dan manajemen risiko.

Dini berharap capaian ini dapat terus dipertahankan dan menjadi motivasi bagi puskesmas lainnya, sehingga dapat terus memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi masyarakat Kota Tangerang.

"Capaian-capaian ini tentunya harus terus dipertahankan dan juga menjadi motivasi bagi puskesmas lainnya yang ada di Kota Tangerang. Mudah-mudahan, di awal tahun 2024 ini menjadi awal yang baik untuk terus melayani masyarakat Kota Tangerang dengan maksimal," katanya.

Sertifikat Puskesmas yang terakreditasi Paripurna berlaku di 7 November 2023 hingga 7 November 2028, dan akan dilakukan akreditasi ulang ketika masa berlakunya selesai.

Baca juga: 39 Puskesmas di Kota Tangerang kembali sediakan vaksin COVID-19

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024