Puskesmas Panunggangan di Kecamatan Pinang, Kota Tangerang meraih penghargaan standarisasi Pelayanan Ramah Anak di Puskesmas (PRAP) tingkat Provinsi Banten.

"Alhamdulillah Puskesmas Panunggangan meraih skor terbaik dengan 99,2 poin. Dengan ini, selanjutnya Puskesmas Panunggangan siap maju pada penilaian atau lomba tingkat Nasional nanti,” kata Kepala Puskesmas Panunggangan dr. Yumelda Ismawir di Tangerang Sabtu.

Ia menuturkan, penghargaan diraih karena Puskesmas Panunggangan menyediakan ruang pelayanan dan konseling anak, ruang tunggu atau bermain anak yang berjarak aman dari ruang tunggu pasien.

Lalu tersedianya ruang ASI, tanda peringatan kawasan tanpa rokok, sanitasi lingkungan puskesmas yang sesuai standar, kelengkapan sarana penyandang disabilitas, hingga pelayanan penjangkauan kesehatan anak.

Baca juga: 39 Puskesmas di Kota Tangerang kembali sediakan vaksin COVID-19

Puskesmas Panunggangan juga dinilai memiliki kelengkapan data yang baik terkait cakupan bayi kurang dari enam bulan mendapat ASI eksklusif, cakupan pelayanan konseling kesehatan peduli remaja, menyelenggarakan tata laksana kasus kekerasan terhadap anak dengan baik, dan banyak lainnya.

Lalu mengoptimalkan pelayanan luar gedung seperti kesehatan sekolah, posyandu balita dan remaja, pos gizi, aksi bergizi, kelas ibu hamil dan ibu balita, konseling ASI hingga pemberian makan bayi dan anak.

"Intinya Puskesmas Panunggangan membentuk sistem, meningkatkan mutu dan kinerja yang ramah anak dan memenuhi standar yang telah ditentukan," ujarnya.

Ia pun berharap, dengan nilai terbaik pada standarisasi PRAP tingkat Provinsi Banten ini mampu meningkatkan motivasi untuk lebih memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dalam hal meningkatkan derajat kesehatan di Kota Tangerang.

“Dengan sudah terstandarisasinya pelayanan ramah anak di puskesmas ini, kami akan terus berupaya meningkatkan pelayanan, mutu, serta kinerja Puskesmas Panunggangan secara berkesinambungan, terlebih untuk nanti pada tingkat nasional,” ujarnya.

Baca juga: Disbudpar Tangerang beri jaminan asuransi di 18 objek wisata
Baca juga: Arief-Sachrudin minta kesejahteraan masyarakat diwujudkan

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023