Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Serang temukan dua lembar surat suara rusak pada saat proses penyortiran dan pelipatan surat suara tahap satu untuk pemilihan umum (pemilu) 2024. 
 
"Ada dua lembar surat suara yang kita temukan cacat atau rusak. Nanti kita hitung kembali totalnya setelah semuanya selesai kemudian ada berapa yang rusak,” kata Ketua KPU Kota Serang Ade Jahran, di Serang, Banten, Selasa.
 
Ade mengatakan, dua surat suara yang rusak tersebut diantaranya akibat terbelah dan juga potongan yang tidak sesuai sehingga dinyatakan surat suara cacat. 
 
"Jadi yang rusak itu ada yang terbelah yang satu lagi ada surat suara potongannya tidak pas itu kategori rusak,” katanya menegaskan.

Baca juga: Biaya pelipatan surat suara Pemilu 2024 di Serang sesuai UMP Banten
 
Ade mengatakan, proses sortir lipat hari ini untuk surat suara caleg DPRD Banten dapil satu atau dapil Kota Serang dengan jumlah surat suara 519.113 lembar. Karena KPU Kota Serang baru menerima surat suara untuk DPRD Banten daerah pemilihan (dapil) Kota Serang. 
 
"Yang datang ke Kota Serang baru hanya surat suara caleg DPRD Banten dapil satu, yang lainnya belum," katanya. 
 
Sedangkan untuk petugas pelipat suara, kata Ade, KPU Kota Serang melibatkan pihak ketiga atau tenaga profesional yang didatangkan dari daerah Jakarta. 
 
"Totalnya ada 33 orang pekerja kita sudah mulai proses sortir sama lipat dari jam 8 pagi mungkin akan sampai jam 00.00 ya, karena lumayan banyak, tapi kalau tidak selesai dilanjutkan besok pagi," pungkas Ade Jahran.

Baca juga: Pendaftar KPPS di Kota Serang keluhkan biaya cek kesehatan di Puskesmas
 

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023