Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Tangerang menyebutkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) pada 2023 berada di angka 80,98 atau dengan status sangat tinggi.

Kepala BPS Kota Tangerang, Muladi Widastomo di Tangerang Jumat mengatakan sejak 2020 hingga 2023 perkembangan IPM mengalami peningkatan setiap tahunnya, dengan rata-rata pertumbuhan 0,38 persen.

Angka tersebut lebih tinggi dari pertumbuhan IPM Provinsi Banten selama 2020-2023 yang di angka 0,26 persen

"Dari angka yang tersaji, sejak tahun 2021, nilai IPM Kota Tangerang sudah berstatus sangat tinggi," kata Muladi dalam Rapat Konsinyering Data Makro Pembangunan Tahun 2023 secara daring.

Baca juga: Disbudpar: masyarakat bisa ajukan permohonan hibah alat musik

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah merespon positif pertumbuhan angka IPM Kota Tangerang yang terus mengalami peningkatan dalam kurun waktu empat tahun terakhir walaupun dalam kondisi pandemi dan pasca pandemi.

Ia mengatakan walaupun IPM Kota Tangerang sudah tergolong tinggi, namun diharapkan tidak membuat jajaran Pemkot Tangerang cepat berpuas diri, akan tetapi harus terus belajar ke daerah lain yang memiliki nilai IPM lebih tinggi

"Semakin tinggi IPM yang diraih, tentunya akan berujung pada pembangunan yang telah dilakukan oleh Pemkot Tangerang," katanya.

Baca juga: Bawaslu Kota Tangerang tertibkan ratusan APK yang terpasang di pohon

Ia menyebut hal tersebut bukan tanpa dasar, mengingat dalam Indeks Pembangunan Manusia (IPM) terdapat banyak komponen, seperti kesehatan, pendidikan hingga kondisi ekonomi masyarakat.

"Banyak komponen penilaiannya, bukan tidak mungkin IPM Kota Tangerang bisa terus meningkat," ujarnya.

Ia menyampaikan, informasi dan data yang telah disajikan oleh BPS harus dapat dimanfaatkan sebagai dasar penentuan kebijakan yang akan diambil oleh Pemkot untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat

"Karena data yang disajikan oleh BPS adalah potret dari masyarakat Kota Tangerang," pungkas  Arief R. Wismansyah.

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan Cikokol maksimalkan layanan peserta di Kota Tangerang
 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023