Anggota DPRD Banten melalui sejumlah fraksi mendorong Pemerintah Provinsi Banten dan juga pemerintah kabupaten/kota, bisa membantu meringankan beban masyarakat Palestina yang menjadi korban perang dengan Israel.

Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Provisi Banten Juheni M Rois meminta, Pemprov Banten memberikan bantuan langsung terhadap Palestina.

“Mengharapkan Pemprov Banten untuk lebih aktif  melakukan gerakan kemanusiaan di jalur Gaza Palestina, seperti yang sudah dilakukan pemerintah pusat” kat Juheni M Rois  di Serang,  Selasa.

Bahkan Juheni setuju jika kemudian Pemprov Banten mengalokasikan bantuan untuk Palestina melalui APBD Banten.

Baca juga: PDRB Banten tumbuh 4,97 persen tertinggi di Pulau Jawa

“Maka sangat relepan kalau Pemprov Banten itu lebih pro aktif memberikan bantuan kepada sodara sodara kita di Palestina. Kita ini kan anggarannya besar sekitar 11 hingga sampai 12 Triliun,” katanya.

Secara teknis, jenis bantuan yang menurutnya memungkinkan diberikan yaitu bantaun untuk kesehatan, mengingat Indonesia memiliki rumah sakit di Palestina.

“Coba kita alokasikan bantuan itu untuk saudara-saudara  kita di Palestina. Baik misal mendorong untuk bantuan di rumah sakit Indonesia di Palestina di Gaza. Kan kita ada perwakilan rumah sakit di Gaza itu,”katanya. 

Upaya yang dilakukan untuk melakukan asesmen kebutuhan menurutnya, bisa kontak langsung dengan pihak rumah sakit Indonesia yang ada di Gaza Palestina. Atau bisa juga bantuan itu disalurkan melalui lembaga-lembaga reami seperti baznas dan lain-lain.

"Saya kira kalau Pemprov berkomunikasi kesana kita bisa bantu untuk misalnya dinas kesehatan, apa ni bantuan obat obatan atau udah lah dananya aja disalurkan ke rumah sakit. Sesuai dengan kebutuhan mereka,” katanya.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Banten Agus Supriyatna. 

Menurutnya,  sebagai warga dunia ia bersama anggota DPRD banten lainnya merasa simpati terhadap warga Palestina dan berharap segera  terbebas dari penjajahan Israel.

Dengan demikian menurutnya, kemerdekaan Palestina merupakan suatu hal yang mutlak untuk diperjuangkan oleh bangsa Palwstina mendapat suport dari bangsa-bangsa di dunia.

"Harus diperjuangkan. Kita juga mendorong agar Pemprov Banten membantu atas kesulitan yang sedang dihadapi warga Palestina saat ini. Upaya bantuan ini sudah diinisiasi pemerintah pusat” katanya. (ADV)

Baca juga: Cabai dan beras masih jadi pemicu inflasi di Banten

Pewarta: Mulyana

Editor : Lukman Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023