Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Banten menyebutkan hasil penetapan daftar calon tetap (DCT) calon anggota legislatif (caleg) perempuan untuk DPRD Tangsel sudah lebih dari 30 persen dari 700 orang untuk Pemilu 2024.

"Kalau untuk keterwakilan perempuan semua dari calon partai sudah memenuhi ambang batas dari PKPU RI," kata Komisioner KPU Tangerang Selatan, Ajat Sudrajat di Tangerang, Senin.

Ia menyebutkan keterwakilan caleg perempuan untuk DPRD Kota Tangsel dari 18 partai politik (parpol) peserta pemilu tersebut secara umum jumlahnya hampir merata.

"Semua partai hampir rata-rata caleg yang didaftarkan sama, karena untuk Tangsel sendiri berdasarkan alokasi kursinya itu sebanyak 50," katanya.

Baca juga: 844 nama ditetapkan dalam DCT caleg Kabupaten Tangerang

Berdasarkan data KPU atas hasil penetapan daftar calon tetap pada pemilu tahun ini yaitu sebanyak 700 jiwa. Jumlah tersebut berkurang dua orang dibanding dengan daftar calon sementara (DCS) yang berjumlah 702 bacaleg.

"Dari dua bacaleg ini tidak lolos karena terdaftar di dua partai politik. Maka, kami gugurkan," tuturnya.

Ia mengungkapkan, atas adanya dua bacaleg yang tidak lolos verifikasi KPU tersebut diketahui semula terdaftar di Partai Garuda dan Perindo, kemudian satu bacaleg lainnya terdaftar di PDI Perjuangan dan PSI.

Baca juga: DCT DPRD Kota Tangerang sudah disepakati dengan Parpol

Kemudian, masing-masing bacaleg telah memilih Perindo dan PSI, sehingga total keseluruhan bacaleg yang ditetapkan dalam DCT berjumlah 700 jiwa.

"Saat masa DCS, Partai Garuda masih memiliki satu bacaleg, namun saat masa pencermatan bacaleg memilih Partai Perindo," kata dia.

Seusai menetapkan daftar calon tetap, KPU Tangerang Selatan akan mengirimkan nama-nama tersebut ke KPU RI untuk pencetakan surat suara.

Kota Tangerang Selatan memiliki 1.022.237 pemilih tetap (DPT) yang akan ikut dalam Pemilu 2024. Terdiri dari 501.755 pemilih laki-laki dan 520.482 pemilih perempuan.

Baca juga: Tetua adat Badui harapkan Pemilu 2024 damai dan aman

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023