Bank Indonesia (BI) Provinsi Banten menyebutkan bahwa tahun politik mendorong pertumbuhan ekonomi seiring dengan meningkatnya pengeluaran. 
 
Ekonom Senior BI Provinsi Banten, Muhammad Lukman Hakim, di Serang, Banten, Jumat, mengatakan, menjelang tahun politik ini pasti akan ada peningkatan pengeluaran. Pengeluaran itu artinya mendorong pertumbuhan konsumsi domestik maupun Lembaga Non Profit yang Melayani Rumah Tangga (LNPRT) atau lembaga nonprofit. 
 
LNPRT yang dimaksudkan, diantaranya yakni organisasi kemasyarakatan, organisasi sosial, organisasi profesi dan serikat buruh, dan partai politik. 
 
"Memasuki tahun politik secara umum diperkirakan pertumbuhan ekonomi akan lebih baik dari tahun 2023. Karena di momen demonstrasi akan mendorong pertumbuhan ekonomi terutama dalam konsumsi domestik," katanya. 

Baca juga: BI Banten dorong kemajuan pariwisata Banten tumbuh dan berkembang
 
Ia juga mengatakan, untuk proyeksi pertumbuhan ekonomi pada tahun 2024 diperkirakan mencapai 4,9 persen sampai 5,3 persen. Yang akan diramaikan dengan berbagai kegiatan perpolitikan yang akan berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi. 
 
"Prospek pertumbuhan ekonomi tahun 2023 dan 2024 diperkirakan tetap positif, namun sedikit termoderasi dibandingkan tahun 2022," katanya. 
 
Diketahui, tahun depan, dua pesta demokrasi terbesar bagi rakyat Indonesia, yakni Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) akan digelar secara serentak pada 14 Februari 2024. 
 
Masih di tahun yang sama, beberapa bulan setelah itu akan disusul dengan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada) yang akan serentak digelar pada November 2024.

Baca juga: Bank Indonesia dan Pemprov Banten lakukan gerakan tanam cabai

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023