Tim Seleksi (Timsel) anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten menargetkan 30 persen keterwakilan perempuan pada lembaga yang menangani pemilihan umum periode 2023-2028 itu terpenuhi.

Ketua Timsel anggota KPU di Banten Mustolih, Sabtu (2/9) mengajak perempuan-perempuan di Banten untuk mendaftarkan diri sebagai calon Anggota KPU untuk tiga Kabupaten/Kota yakni Kabupaten Serang, Kota Serang dan Kota Tangerang pada 2-13 September.

Adapun dasar pelaksanaan kegiatan ini sesuai dengan Keputusan KPU nomor 1168 Tahun 2023 tentang Jadwal Tahapan Pelaksanaan Seleksi Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota.

Dalam aturan tersebut, lanjut Mustolih, ada beberapa poin yang menjadi prioritas dan menjadi atensi penilaian termasuk mengupayakan 30 persen kuota untuk perempuan.

Baca juga: Tim seleksi buka pendaftaran calon anggota KPU tiga daerah di Banten

"Kami mengundang perempuan Banten untuk memenuhi kuota perempuan sebanyak 30 persen dan ditargetkan akan terpenuhi. Kapasitas serta kapabilitas calon menjadi prioritas kita," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Timsel Achmad  Zamzami mengatakan  akan memberikan tambahan waktu sebanyak tiga hari jika kuota perempuan belum dapat terpenuhi sebanyak 30 persen.

"Jika tidak ada yang mendaftar selama 12 hari ke depan, maka kita akan memberikan waktu tambahan selama tiga hari, karena kita memberikan kuota sebanyak 30 persen," katanya.

Achmad mengatakan, penambahan waktu diberikan karena untuk memberikan kesempatan yang sama atau adanya kesetaraan gender agar dapat memenuhi kuota tersebut.

Baca juga: KPU Banten gencar sosialisasi Pemilu 2024 termasuk di Badui

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023