Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Lebak Yadi Basari Gunawan menyatakan pembangunan stasiun kereta api ultimate Rangkasbitung dengan daya tampung besar hingga 85 ribu per hari berdampak positif bagi pariwisata dan produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).
 
"Stasiun ultimate itu nantinya terkoneksi dengan perjalanan kereta api dari Pulau Sumatera yang hendak ke Jakarta," kata Yadi di Lebak, Kamis.
 
Stasiun ultimate Rangkasbitung yang kini masih dalam pekerjaan dan ditargetkan rampung pada 2024.

Pemerintah Kabupaten Lebak tentu harus mendesain wilayah keramaian perkotaan dengan mendirikan pusat-pusat jajanan kuliner, minuman hingga kerajinan hasil produksi UMKM agar memikat para wisatawan.
 
Selama ini, sebaran pusat jajanan relatif terbatas sehingga perlu dilakukan penataan penyebaran wilayah keramaian perkotaan.

Baca juga: Permukaan air Sungai Ciberang-Ciujung Lebak menyusut
 
Para wisatawan dari Jakarta maupun Sumatera bisa menikmati makanan dan minuman di pusat jajanan tersebut, bahkan pengunjung membeli untuk "buah tangan" atau oleh - oleh kerajinan khas daerah.
 
Karena itu, masyarakat harus kreatif untuk membuat diversifikasi pangan dengan memiliki kualitas dan mutu rasa, terlebih bahan baku hasil komoditas pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan di sini melimpah.
 
"Kita berharap produksi diversifikasi pangan para pelaku UMKM bisa dijual di pusat - pusat jajanan kuliner dan minuman," kata Yadi menambahkan.
 
Ia mengatakan para pengusaha travel dari Jakarta maupun Sumatera bisa kerja sama dengan pemilik kendaraan angkutan di Rangkasbitung.
 
Mereka setelah tiba di Stasiun Rangkasbitung bisa langsung dijemput oleh kendaraan dan melanjutkan perjalanan menuju kawasan wisata alam dan wisata budaya Badui.

Baca juga: Perajin tenun Badui pasarkan produknya lewat media sosial
 
Selama ini, kata dia, wilayah Kabupaten Lebak memiliki wisata alam luar biasa di Provinsi Banten, seperti "negeri di atas awan", wisata pesisir pantai, wisata gua, wisata arung jeram, wisata religi dan wisata budaya masyarakat Badui.
 
Bahkan, destinasi wisata adat budaya masyarakat Badui dan Pantai Sawarna sudah mendunia.
 
"Kami meyakini dampak stasiun ultimate itu dapat membangkitkan kegiatan pariwisata dan UMKM, sehingga bisa bermuara pada peningkatan ekonomi dan penyerapan lapangan pekerjaan bagi masyarakat," katanya menjelaskan.
 
Ia mengatakan, dengan dibangunnya stasiun ultimate juga dipastikan wilayah Kabupaten Lebak banyak diminati investor domestik dan mancanegara untuk menanamkan modalnya di sektor properti perumahan, karena kemudahan akses perlintasan kereta api listrik (KRL).
 
Perjalanan KRL Rangkasbitung - Jakarta itu setiap lima menit sekali, sehingga arus perjalanan begitu padat.
 
Saat ini, properti perumahan di Kecamatan Maja, Curugbitung hingga Curug Kabupaten Serang sudah digarap investor domestik dan mancanegara.

Baca juga: Menparekraf sebut Banten miliki potensi menarik pada UMKM dan pariwisata
 

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023