Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (Sosdiklih Parmas SDM) KPU Kabupaten Pandeglang, Falahudin mengajak elemen masyarakat, pemuda serta mahasiswa untuk ikut berpartisipasi aktif dalam mensukseskan Pemilu 2024.

"Itu merupakan bagian dari upaya KPU Pandeglang untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi pemilih dalam proses demokrasi," kata Falahudin dalam keterangan tertulisnya di Pandeglang, Senin.

"Generasi muda khususnya mahasiswa harus menjadi garda terdepan berperan aktif dalam mengawal demokrasi untuk mensukseskan Pemilu serentak 2024 mendatang," katanya usai pelantikan pengurus HMI Cabang Pandeglang Komisariat Banten Raya periode 2023-2024 di Pandeglang.

Baca juga: Wakil Wali Kota Tangerang ajak ormas jadi peredam konflik jelang Pemilu 2024

Menurutnya, indeks partisipasi masyarakat menjadi hal yang sangat penting dalam mengukur kepercayaan publik. Hal ini dapat dilakukan oleh semua pihak termasuk kaum mahasiswa sebagai ujung tombaknya.

Sebelumnya, KPU Provinsi Banten terus melakukan kegiatan sosialisasi pemilu 2024 terutama bagi kalangan pemilih pemula sebagai upaya meningkatkan partisipasi pemilih untuk pesta demokrasi tersebut.

"Kami terus melakukan kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih kepada pemilih pemula dan masyarakat dengan menyasar pemilih pemula yang berada di kampus, sekolah dan pesantren," kata Ketua KPU Banten Mohamad Ihsan.

Menurutnya, pada 2019 angka partisipasi pemilih di Banten mencapai 82 persen dan untuk tahun ini ditargetkan sama atau lebih.

Data pemilih tetap (DPT) di daerah Banten berdasarkan kategori usia mayoritas dari kalangan milenial atau generasi yang lahir antara 1981 sampai 1996 sebanyak 3.540.864 pemilih atau 40.04 persen dari total daftar pemilih tetap sekitar 8,8 juta.

Baca juga: KPU Banten gencarkan sosialisasi pemilu untuk pemilih pemula
 

Pewarta: Lukman Fauzi

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023