Utusan Khusus Presiden (UKP) Bidang Kerja Sama Pengentasan Kemiskinan dan Ketahanan Pangan  H.M.Mardiono menyampaikan orasi kebangsaan pada Rakerwil dan Pelantikan Pengurus Kecamatan Generasi Muda (Gema) Mathla'ul Anwar (MA) Se-Provinsi Banten di Aula Setda Kabupaten Serang, Rabu (19/7/2023).

Siaran tertulis Gema Mathla'ul Anwar yang diterima Kamis, menyebutkan dalam orasinya H.M.Mardiono menyampaikan bahwa Indonesia negara dengan populasi terbanyak ke-empat di dunia yang didukung SDM melimpah.

Baca juga: Wagub Banten minta Mathlaul Anwar konsisten berkiprah dalam pendidikan

Potensi tersebut menurutnya semakin ditopang dengan proyeksi pencapaian bonus demografi di 2023-2040, dimana saat itu angkatan kerja produktif akan mencapai 66 persen dari proyeksi total penduduk 300 juta jiwa. 

Dengan komposisi populasi tersebut lanjutnya, akan menjadi momentum emas untuk selangkah lagi Indonesia melompat menjadi negara maju, kuat, dan mandiri. 

“Ini (pemanfaatan bonus demografi) menjadi penting, karena hanya terjadi satu kali dalam sejarah. Generasi muda khususnya Gema Mathla’ul Anwar harus bisa memanfaatkan momentum emas bonus demografi tersebut secara optimal, sebagai potensi modal dasar pembangunan dalam aspek kependudukan dan sumber daya manusia,” kata H.M. Mardiono. 

Baca juga: Tim Pembina Samsat sosialisasikan pajak daerah dihadapan mahasiswa Mathlaul Anwar

Menyambut bonus demografi lanjut Mardiono, pemerintah terus mempersiapkan pelayanan pendidikan dan kesehatan yang layak, dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kualitas SDM yang mandiri sehat dan berdaya saing. Menciptakan lapangan kerja baru melalui UMKM, dan pengembangan hilirisasi industri sektor-sektor basis dari pertanian, peternakan dan perikanan.

"Program pemerintah ini harus kita lanjutkan, demi terwujudnya pembangunan yang merata disemua kepulauan diseluruh Nusantara, salah satu yang harus kita dukung adalah IKN," kata Mardiono.

Sementara Ketua DPW Gema MA Irwandi Suherman menyampaikan, di era disruption dan mengahadapi bonus demografi generasi muda harus bergerak cepat, terus belajar dan beradaptasi dengan perkembangan zaman.

"Gema MA Banten siap bersinergi dan berkolaborasi dengan seluruh stakeholder, memberikan ide yang telah disusun dalam draft Rakerwil untuk ikut dalam barisan pemerintah memanfaatkan momentum emas bonus demografi, agar cita-cita Indonesia menjadi negara maju segera terwujud," katanya.

"Selain Rakerwil dan mengukuhkan pengurus DPC Gema MA se-Provinsi Banten, hari ini juga kita deklarasikan bahwa Gema MA siap menjadi tauladan ditengah masyarakat untuk menciptakan pemilu yang damai di tahun 2024 mendatang," tambahnya.

Ditempat yang sama, Ketua Umum DPP Gema MA Ahmad Nawawi menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada DPW GEMA MA Provinsi Banten atas terselenggaranya kegiatan Rakerwil,  Pelantikan Pengurus Kecamatan Se-Provinsi Banten, dan deklarasi pemilu damai.

"Ini sejarah baru dalam kepengurusan saya, DPW Gema MA dapat mengumpulkan pengurus kecamatan untuk bersilaturahmi dan dikukuhkan, bahkan melakukan deklarasi pemilu damai, semoga ini jadi momentum kebangkitan semangat berorganisasi bagi generasi Mathla'ul Anwar dan bisa tertular ke DPW lain se- Indonesia," ungkapnya.

Kegiatan Rakerwil dan pelantikan pengurus DPC Gema Mathla'ul Anwar Se-Provinsi Banten tersebut selain dihadiri dua ratus lebih pengurus kecamatan juga dihadiri Anggota DPD RI Abdi Sumaiti, Ketua Pengurus Wilayah Mathla'ul Anwar Taufik Rahman, Majlis Amanah DPP Gema MA, unsur Polri mewakili Kapolda Kompol Tedy, tokoh Mathla'ul Anwar H. Iin Mansyur serta anggota Bawaslu Provinsi Banten.

Baca juga: Aminuddin Ma'ruf diharapkan dapat menjembatani Presiden dengan aktivis muda




 

Pewarta: Rangga Eka Putra

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023