Badan Kepegawaian & Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Tangerang, Banten, menyebutkan aplikasi Sistem Informasi Manajemen ASN (SIMASN) sudah diadopsi 28 kota/kabupaten dan manajemen talenta juga diadopsi lima kota/kabupaten.

"Kami sangat terbuka sekali bagi kota/kabupaten untuk saling berbagi informasi dan sistem yang ada di Kota Tangerang," kata Kepala BKPSDM Kota Tangerang Heryanto dalam keterangannya di Tangerang, Sabtu.

Pada awal pekan ini, lanjutnya, lima daerah dari Sumatera Utara, Kota Langsa (Aceh), Kota Padang (Sumatera Barat), Kota Bima (NTB), serta Dinas Kominfo Kabupaten Bangka Selatan (Kepulauan Bangka Belitung) datang ke Kota Tangerang untuk mempelajari terkait sistem merit yang telah berjalan.

Ia mengatakan Kota Bima melakukan kerja sama terkait aplikasi SIMASN. Kemudian Kabupaten Bangka Selatan kerja sama terkait aplikasi SIMASN serta aplikasi portal e-Goverment yang dimiliki Dinas Kominfo Tangerang.

Sebagai informasi, pada kesempatan yang sama Pemkot Padang dan Pemkot Langsa turut hadir untuk penjajakan penerapan sistem merit dan manajemen talenta di Kota Tangerang.

Kepala BKPSDM Kota Bima A Wahid menuturkan kerja sama ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kepegawaian di kota tersebut dan mendapatkan rekomendasi dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN) untuk mempelajari sistem merit dan manajemen talenta.

"Berdasarkan penilaian KASN (Komisi Aparatur Sipil Negara), kami perlu belajar kembali mengenai penerapan sistem merit dari kota-kota yang telah berhasil, salah satunya di Kota Tangerang," katanya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Diskominfo Kota Bangka Selatan, Yuri Siswanto, "Portal awalnya yang kami adopsi ialah e-Goverment, yang didalamnya juga ada SIMASN. Kota Tangerang sendiri sudah lama memiliki sistem informasi yang terintegrasi dengan sangat baik," katanya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023