Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah menginstruksikan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk membuat inovasi menjawab tantangan mengatasi sampah di lahan terbatas.

"Diharapkan muncul kreativitas dan inovasi-inovasi baru untuk menjawab berbagai tantangan serta keterbatasan dalam upaya mempertahankan kelangsungan lingkungan hidup bagi masyarakat," kataWali Kota Tangerang Arief R Wismansyah dalam keterangannya di Tangerang, Banten, Kamis.

Baca juga: LKPP apresiasi pengadaan barang e-katalog di Kota Tangerang meningkat

Hal itu dikemukakan terkait penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RJPD) yang kini dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup.

Wali Kota juga menekankan pentingnya pembahasan dan pengkajian tentang lingkungan hidup strategis agar dapat mengidentifikasi persoalan-persoalan lingkungan dan mencari alternatif pemecahannya.

"Nah, tantangan-tantangan seperti inilah yang perlu dikaji agar keberlangsungan dan keseimbangan lingkungan hidup dapat terus terjaga," ujarnya.

Selain itu, menurut dia, dibutuhkan juga solusi agar lingkungan hidup dapat tetap terjaga namun kebutuhan masyarakat juga terpenuhi, misalnya soal keterbatasan lahan.

"Di satu sisi ruang terbuka hijau sangat penting untuk kelestarian lingkungan, namun masyarakat juga membutuhkan ruang publik terbuka untuk beraktivitas, berkegiatan, dan bermasyarakat. Nah, tentunya dibutuhkan kreatifitas dan inovasi dalam pemanfaatan lahan yang terbatas tersebut agar dapat digunakan sebagai ruang publik sekaligus ruang terbuka hijau," katanya.

Lebih lanjut Wali Kota Arief meminta agar kajian-kajian yang nantinya tersusun tersebut dapat direalisasikan dengan langkah serta aksi nyata.

"Kajian-kajian ini nantinya jangan cuma dikaji saja dan menjadi dokumen serta angka-angka belaka, tetapi tolong diaplikasikan dan diterapkan, termasuk juga diedukasikan kepada masyarakat agar mereka lebih peduli dengan lingkungan dan sadar bahwa lingkungan hidup ini sangat penting dijaga kelestarian dan keberlangsungannya sampai nanti anak cucu kita," ujar Arief.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023