Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Banten mengingatkan masyarakat di daerah ini agar meningkatkan kewaspadaan kebakaran pada musim kemarau.
 
"Peringatan kewaspadaan itu menyusul lima ruko di Kecamatan Cimarga terbakar, namun beruntung tidak ada korban jiwa,"kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Lebak Agust Riza Faesal di Lebak, Rabu.

Baca juga: BPBD Kabupaten Lebak jamin stok logistik cukup empat bulan hadapi kemarau
 
Masyarakat Kabupaten Lebak dapat meningkatkan kewaspadaan kebakaran pada musim kemarau yang berpotensi terjadi awal Juni sampai Oktober 2023 berdasarkan laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).
 
BPBD Lebak telah mengeluarkan peringatan dini bencana kebakaran pemukiman juga kebakaran kawasan hutan sehubungan tibanya musim kemarau.
 
Karena itu, masyarakat dapat mencegah terjadi kebakaran di pemukiman padat penduduk dengan melakukan pemeriksaan kabel aliran listrik agar tidak mengakibatkan korsleting arus pendek yang bisa memicu percikan api.
 
Selain itu juga masyarakat di terik matahari dengan suhu dirasakan panas agar tidak membakar barang- barang yang mudah terbakar.
 
Sebab, barang-barang mudah terbakar jika ada tiupan angin bisa meluas ke tempat lain dan bisa mengakibatkan kebakaran hebat.
 
Begitu juga petani yang membuka ladang agar tidak melakukan pembakaran bekas limbah rerumputan yang kering juga tidak membuang puntung rokok ke semak-semak belukar, karena bisa menimbulkan kebakaran kawasan hutan.
 
"Kami sudah menyampaikan peringatan kewaspadaan kebakaran itu ke aparatur kecamatan,desa/kelurahan dan petani,"katanya menjelaskan.
 
Sementara itu, Ade Apriadi, seorang petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Lebak mengatakan kebakaran lima ruko di Kecamatan Cimarga itu terjadi Rabu dini hari.
 
Namun, petugas Damkar tiba ke lokasi pukul 03.07 WIB dan langsung melakukan pemadaman sehingga api tidak menjalar ke rumah penduduk.
 
"Kami memadamkan api itu berhasil pada pukul 08.00 WIB di ruko milik Tati,"katanya menjelaskan.

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023