Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebak, Banten, Ni"matullah menyatakan sebanyak 18  partai politik di daerah ini telah mendaftarkan bakal calon legislatif (bacaleg) untuk bertarung memperebutkan 50 kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat pada Pemilihan Umum (Pemilu ) 2024.
 
"Kami mengapresiasi seluruh parpol  mendaftarkan bakal calon legislatifnya, "kata Ni'matullah di Lebak, Selasa

Baca juga: KPU Lebak imbau parpol daftarkan bacaleg
 
KPU Lebak kini fokus melakukan pemeriksaan verifikasi administrasi setelah semua parpol mendaftarkan bakal calon legislatif.
 
Pemeriksaan persyaratan verifikasi administrasi dilakukan mulai tanggal 15 Mei sampai Juni 2023.
 
Selanjutnya, kata dia, setelah selesai memeriksa
verifikasi administrasi diserahkan kembali kepada parpol tersebut untuk dilakukan perbaikan persyaratan bakal calon legislatif.
 
Perbaikan persyaratan calon legislatif dilakukan pada 26 Juni sampai 9 Juli 2023.
 
"Jika semua persyaratan bakal calon legislatif terpenuhi maka ditetapkan sebagai peserta Pemilu 2024," kata Ni'matullah.
 
Menurut dia, diperkirakan jumlah bakal calon legislatif untuk bertarung memperebutkan 50 kursi di DPRD Lebak di atas 500 orang.
 
Bakal calon legislatif dari 18 parpol, antara lain PDI Perjungan (PDIP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai NasDem, Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera (PKS).
 
Partai Solidaritas Indonesia (PSI),Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Gelora Indonesia, Partai Ummat dan Partai Buruh.
 
"Kami berharap bakal calon legislatif dari 18 parpol memenuhi persyaratan sehingga bisa bertarung untuk memperebutkan kursi di DPRD Lebak," katanya menjelaskan.
 
Ia mengatakan KPU Lebak hingga kini tetap melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat untuk menggunakan hak politiknya pada kontestan Pemilu 2024.
 
Kegiatan sosialisasi itu dalam upaya meningkatkan partisipasi suara sehingga tidak ada golongan putih atau golput.
 
Sebab, pesta demokrasi lima tahunan untuk memilih presiden dan wakil presiden, legislatif pusat, provinsi dan daerah serta Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dinilai penting untuk menentukan keberlanjutan pembangunan ke depan.
 
"Kami berharap pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan lancar dan menghasilkan pemimpin bangsa yang lebih baik dan bisa menyejahterakan rakyat,"katanya.
 
 

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023