Tangerang (Antara News) - Jumlah tenaga asing yang datang ke Kota Tangerang setiap tahunnya mengalami peningkatan. Pertumbuhan ekonomi dan pembangunan yang secara merata menjadi faktor utama alasan kedatangannya ke Kota Akhlakul Karimah tersebut.

Mulai dari menambah tenaga kerja lokal hingga membuka lapangan kerja baru, keberadaan tenaga kerja asing telah mendongkrak perekonomian daerah. Apalagi, kemudahan perizinan telah membantu proses percepatan pembangunan.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang, Abduh Surahman mengatakan, saat ini jumlah tenaga asing yang terdata yakni 645 orang untuk kurun waktu Januari - Oktober. Jumlah tersebut akan bertambah di akhir tahun ini. Sedangkan pada tahun lalu tercatat 869 orang.

Sektor industri dan jasa masih menjadi unggulan investasi di Kota Tangerang karena sejalan dengan visi misi wilayah. Maka itu, tak ayal pembangunan rumah susun dan apartemen dan hotel begitu menjamur saat ini di Kota Tangerang.

Kepala Bidang Perluasan dan Penempatan Kerja, Mahdiar, menambahkan, dengan semakin meningkatknya pertumbuhan ekonomi maka akan membantu dalam mengatasi pengangguran. Saat ini jumlah pencari kerja yang tercatat 14.396 orang dengan pengangguran terbuka 7.81 persen.

Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah mengatakan, pihaknya terus mendorong agar pertumbuhan ekonomi terus meningkat. Apalagi pada awal tahun sempat terjadi perlambatan yang berdampak pada pengurangan tenaga kerja dan lainnya.

Oleh karena itu, Pemkot Tangerang pun telah membuat program melalui Balai Latihan Kerja di 13 kecamatan dalam mengatasi pengangguran dan melatih masyarakat membuka usaha sendiri.

Terkait derasnya pembangunan apartemen dan hotel, Walikota menjelaskan bila hal itu berdampak positif karena para pengusaha telah melihat prospek ke depan di Kota Tangerang sebagai daerah yang bagus untuk investasi.

Ditambah lagi dengan keberadaan bandara soekarno - hatta. Hal ini membuat kemudahan para pengunjung baik nasional maupun internasional untuk mendapatkan pelayanan mengingat dekat dengan bandara.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015