Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengingatkan kepada pemerintah daerah untuk meningkatkan sarana dan prasarana tempat pembuangan sampah (TPS) guna meminimalisir pembuangan sampah oleh masyarakat ke aliran sungai.

"Kita pemerintah daerah Provinsi maupun kabupaten/kota perlu meningkatkan sarana dan prasaran TPS," kata Al Muktabar usai kegiatan gerakan bersih-bersih sungai Cibanten di Bendungan Karet Cibanten, Kota Serang, Jumat.

Baca juga: Tinggi asap Gunung Anak Krakatau capai 200 meter di puncak kawah

Ia mengatakan dengan ditingkatkan-nya sarana prasarana tempat pembuangan sampah oleh pemerintah daerah, sehingga akan membuat kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah rumah tangga ke aliran sungai yang ada di wilayah tersebut.

"Saya mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai," kata Al Muktabar.

Pemprov Banten melalui Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau Ciujung Cidurian (BBWS3) melakukan normalisasi sungai yang ada di daerah itu untuk mengantisipasi terjadinya luapan air ke pemukiman warga.

"Kita bersama-sama lakukan bersih-bersih sungai untuk mengantisipasi pada situasi di musim penghujan dan mencegah dampak yang mungkin terjadi dari luapan sungai Cibanten," kata Al Muktabar.

Selanjutnya, kata Al Muktabar, dirinya juga mencoba mengoperasikan alat berat untuk melakukan pembersihan sungai Cibanten guna menormalisasikan aliran air sungai tersebut.

"Saya berharap pada berikutnya normalisasi ini permanen agar bisa dimanfaatkan atas keberadaan sungai Cibanten," katanya.

Pewarta: Mulyana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023