Tangerang (Antara News) - Berbagai macam program kampung unggulan telah digulirkan Pemerintah Kota Tangerang, Banten, kepada setiap wilayah melalui berbagai kegiatan yang disampaikan langsung walikota, wakil walikota, sekda hingg kepala SKPD.

Kampung unggulan tersebut yakni Kampung Bersih, Kampung Kreatif, Kampung Hijau, Kampung Bersih Narkoba, Kampung Produktif, Kampung Aman, Kampung Terang hingga Kampung Cerdas.

Melihat potensi dan sarana serta dukungan dari kreatifitas warga, rasanya Kecamatan Cibodas siap menerapkan kampung unggulan itu di enam kelurahan yang ada.

Bahkan, salah satu kelurahan telah menjadi pilot project dalam pembentukan kampung aman melalui program rumah tiga pilar yang melibatkan peran sinergi kepolisian, TNI dan warga. 

Camat Cibodas, Boyek Syafei mengatakan, pembentukan kampung unggulan tersebut telah mulai dilaksanakan secara garis besar. Pasalnya, kampung unggulan bukan hanya sekedar dibentuk atau memberikan nama saja tetapi ada peran warga.

Walikota Tangerang, Arief R WIsmansyah telah menekankan agar warga bisa ikut terlibat dalam proses pembangunan wilayah melalui program kampung unggulan.

"Jadi, yang ingin kita hidupkan adalah peran aktif warga. Bukan sekedar membentuk kampung unggulan di suatu wilayah. Karena, menumbuhkan semangat aktif warga itu tak mudah dan harus bisa mengayominya juga," ujarnya.

Sekretaris Camat Cibodas, Nurul Huda, pihaknya akan melakukan sosialisasi hingga tingkat RT/RW dalam mempromosikan kampung unggulan ini.

Kemudian, peran lurah dan kadernya pun harus turun ke lapangan sesuai dengan instruksi walikota. Dengan begitu akan diketahui masalah dilingkungan dan diberikan solusi melalui program kampung unggulan itu.

Sebab, setiap wilayah memiliki karakter masalah dan pribadi warga yang beda. Maka itu, lurah harus bisa memahami agar wilayah tersebut dapat tumbuh dan berkembang. Karena, SKPD terkait yang memiliki program itu, hanya bisa memberikan bantuan berupa sarana setelah terbentuknya komunitas.

"Kini, membangun wilayah bukan lagi tugas pemda tetapi juga masyarakat harus ikut serta. Melalui ide dan saran yang diberikan, lingkungannya akan terbangun dan berkembang," tegasnya.

Nurul mengatakan, pihaknya telah menargetkan untuk membentuk kampung unggulan di beberapa tingkat RT/RW. Komunitas yang telah terbentuk akan menjadi motivator bagi warga lainnya.

Buah dari kerja keras warga pun dapat dirasakan misalnya kader posyandu di cibodas yang mampu masuk tingkat nasional karena peran aktifnya di lingkungan.

"Dengan masyarakat yang heterogen, bukan rintangan dalam membangun lingkungan tetapi mampu menciptakan keaneka ragaman lingkungan sesuai kultur warga itu sendiri," paparnya.

Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah memberikan apresiasi terhadap pembentukan kampung bersih dan lainnya seperti di kecamatan cibodas. Diharapkan warga juga dapat memberi masukan melalui sarana publik yang telah kita sediakan.

"Apalagi perbaikan infrastruktur dan penerangan akan dilakukan. Sekarang warga yang harus menjaga dan mengembangkannya wilayahnya," tegasnya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015