Jumlah area yang tergenang akibat banjir di Kota Tangerang, Provinsi Banten, sudah berkurang dari 16 titik menjadi delapan titik menurut data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

"Sejak malam hingga pagi ini cuaca di Kota Tangerang terpantau cerah. Lokasi banjir pun kian terkendali dan tercatat tersisa delapan titik banjir," kata Kepala BPBD Kota Tangerang Maryono Hasan sebagaimana dikutip dalam siaran pers BPBD di Tangerang, Senin.

Baca juga: BPBD: Sebanyak 4.751 keluarga di Kabupaten Tangerang terdampak banjir

Menurut dia, area yang masih tergenang antara lain kawasan Jembatan Alamanda, Underpass Taman Cibodas, Perumahan Taman Cibodas, Total Persada, dan Garden City Residence. Tinggi genangan di area-area tersebut 40 cm sampai 80 cm.

Maryono mengatakan bahwa area yang sudah tidak tergenang di antaranya Pasir Jaya Jatiuwung dan Purtati Gembor Periuk.

Ia menjelaskan bahwa petugas masih berada di lokasi banjir untuk menyalurkan bantuan serta membantu mengatur lalu lintas kendaraan. 

Menurut dia, pemerintah sudah mendirikan posko penanganan darurat banjir di Perum Garden City RW 25; posko pengungsian di lingkungan rukun warga dan posyandu, Masjid Mujahidin, Mushala Baitul Rohim, dan GOR Total Persada di Kecamatan Periuk; serta Posko Posyandu Teratai RW 05 dan Posko RW 06 di Taman Cibodas.

Ia mengemukakan bahwa hari ini cuaca diprakirakan berawan hingga malam hari dan tinggi muka air di Pintu Air Katulampa, Batu Beulah, Pasar Baru, dan Angke terpantau normal. 

Warga Kota Tangerang dapat melaporkan kejadian bencana atau mengajukan permintaan bantuan ke BPBD melalui layanan telepon darurat di nomor 112 atau menghubungi petugas piket 24 jam melalui nomor 021-5582144.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022