Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang, Banten menggelar pelatihan pengolahan pangan berbasis sumber daya lokal kepada pelajar sebagai upaya pencapaian target konsumsi pangan per kapita per tahun sesuai dengan angka kecukupan gizi.

Kepala Bidang Keanekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan, DKP Kota Tangerang Mamet Indiarto di Tangerang, Kamis, mengatakan pelatihan yang diberikan merupakan olahan produk lokal, yaitu singkong menjadi pancake cassava, brownies cassava dan crunchy soes cassava.



"Biasanya ibu-ibu jadi target pelatihan ini. Namun, sekarang merambah kalangan generasi muda, sehingga kegemaran produk lokal bisa meluas," kata  Mamet di sela acara pelatihan di SMP Negeri 25 Kota Tangerang.

Dengan pengenalan dan pelatihan olahan produk lokal ini, diharapkan para peserta mampu mengolah pangan lokal lainnya serta memiliki inovasi-inovasi terbaru dalam mengolah pangan lokal.

Pihaknya juga berharap Pelatihan Pengolahan Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal ini bisa meningkatkan konsumsi pangan lokal. "Salah satunya, umbi-umbian lokal yang ada di sekitar kita dengan harga yang terjangkau dan mudah dalam pengolahannya, dengan skala keahlian siswa SMP," katanya.

Keseluruhan upaya meningkatkan konsumsi pangan lokal dengan menu yang Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) ini dapat meningkatkan kesejahteraan, kemakmuran dan kesehatan warga Kota Tangerang, yang digencarkan sejak usia dini menuju Target Pola Pangan Harapan yang ideal.
 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022