Tangerang (AntaraBanten) - Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah terpilih mewakili Indonesia dalam Forum Pemimpin-pemimpin Asia Pasifik yang diadakan oleh Asian Development Bank (ADB) bekerjasama dengan Cities Development Initiative for Asia (CDIA).

Pada acara yang diselenggarakan pada 2 - 3 Desember di Manila, Filipina tersebut Walikota juga akan menjadi narasumber dan diminta untuk mempresentasikan konsep Liveable, Investible, Visitible, dan E-City (LIVE) termasuk konsep Pembangunan Berwawasan Lingkungan di Kota Tangerang.

Wali Kota menjelaskan, tujuan dari diadakannya pertemuan tersebut adalah untuk menjalin komunikasi antara para pemimpin di Asia Pasifik.

Selain juga sebagai ajang tukar pikiran dan berbagi pengalaman terkait pengembangan dan pembangunan kota menuju kota layak huni.
 
Dalam forum tersebut, jelas Wali Kota, juga akan dibahas berbagai isu-isu global yang dihadapi oleh para pemimpin dunia seperti masalah pengelolaan air bersih, transportasi, penyedian sumber energi, dan pengelolaan sampah dan juga perencanaan kota.

Ia menuturkan, Kota Tangerang sungguh beruntung bisa berbagi pengalaman didepan 50 pemimpin Asia-Pasifik.

"Apalagi semua biaya baik akomodasi dan transportasi menjadi tanggung jawab penyelenggara," katanya.

Ditambahkannya, melalui pertemuan tersebut Pemkot Tangerang juga bisa mendapatkan berbagai solusi terkait persoalan yang dihadapi. "Karena di forum tersebut kita bisa langsung belajar dari para ahlinya," ujarnya.

Terpilihnya Wali Kota sebagai salah satu narasumber dalam forum yang dihadiri 50 pemimpin dan pembuat kebijakan Kota se-Asia Pasifik tersebut tidak terlepas dari berbagai prestasi yang telah diraih oleh Kota Tangerang, seperti penghargaan Enviromental Suistainable City (ESC) Award tingkat Asean yang diraih Kota Tangerang beberapa waktu lalu.

"Selain ini juga bentuk apresiasi masyarakat dunia atas komitmen pemkot dalam mewujudkan kota yang layak huni," tambahnya lagi.

Wali Kota bersama Erma Witoelar, Praktisi Lingkungan Hidup akan mewakili Indonesia dalam Forum-forum Pemimpin Asia Pasifik yang diadakam oleh Asian Development Bank (ADB) di Manila pada 2-3 Desember 2014. Dalam forum tersebutk ADB juga mengundang 50 pemimpin se-Asia Pasifik yang dinilai mempunyai program inovasi pembangunan perkotaan yang berwawasan lingkungan.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2014