Sejumlah ruas jalan di Rangkasbitung, Kabupaten Lebak Provinsi Banten tergenang banjir setelah hujan lebat disertai angin kencang dan sambaran petir melanda wilayah itu, Kamis.
 
"Kami harus mendorong sepeda motor saat melintasi Jalan Sunan Giri, tepatnya di depan Kantor Kodim 0603 karena tergenang banjir setinggi sekitar 70 centimeter," kata Rudi (35), warga Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Kamis.

Baca juga: BPBD Provinsi Banten minta wisatawan waspada gelombang tinggi di selatan Lebak
 
Selain hujan deras, banjir melanda sejumlah ruas jalan di Rangkasbitung dan sekitarnya akibat saluran air tidak berfungsi dengan lancar.
 
Selain itu juga saluran air mengalami pendangkalan dan perlu dilakukan normalisasi.
 
Selama ini, hujan lebat disertai angin kencang selama tiga jam terjadi genangan banjir.
 
"Kami sebagai warga berharap pemerintah daerah melakukan perbaikan drainase dan normalisasi saluran air untuk mengatasi genangan banjir itu," kata Rudi.
 
Sementara itu Rohman (40) yang juga pengendara sepeda motor mengatakan dirinya terjebak banjir setinggi 70 sentimeter di jalan kawasan Komdik Rangkasbitung.

Selain kawasan Komdik Rangkasbitung, banjir juuga merendam Jalan Malangnengah, Sunan Bonang, Cimesir, Sunan Kalijaga, BTN Depag.

Pengendara roda dua banyak yang mogok karena bagian mesin motor terkena air sehingga harus didorong menuju lokasi bebas banjir.
 
"Kami bisa menghidupkan kembali mesin setelah menunggu beberapa menit," katanya.
 
Halim (35) warga Rangkasbitung Kabupaten Lebak mengatakan, dirinya dibantu warga mendorong kendaraan sepeda motor setelah terendam air banjir di ruas Jalan Sunan Kalijaga, tepatnya depan Kantor Kecamatan Rangkasbitung.
 
"Kami beruntung dibantu oleh warga juga bisa hidup kembali mesin kendaraan," katanya.
 
Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Febby Rizky Pratama, mengatakan banjir yang melanda sejumlah ruas jalan di Rangkasbitung akibat infrastruktur saluran air banyak sampah, sehingga arus air mampet atau tidak berjalan lancar.
 
"Kami akan melakukan pemantauan di titik- titik ruas jalan yang tergenang banjir untuk dilaporkan ke pemerintah daerah," katanya.
 
 

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022