Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kabupaten Pandeglang menargetkan tahun ini (2022 red) memberikan pelayanan kesehatan hewan sebanyak 1.580 ekor ternak. Target tersebut meningkat tiga kali lipat lebih dibandingkan capaian pelayanan kesehatan hewan ternak tahun 2021 yang ditarget sebanyak 500 ekor.

Menurut Kepala UPT Puskeswan Pandeglang Ade Setiawan, peningkatan target pelayanan hewan ternak yang dibebankan kepada Puskeswan seiring dengan semakin tingginya permintaan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan hewan ternak seperti peternak domba dan kambing, kerbau maupun sapi.

“Untuk mencapai target sebanyak 1.580 ekor ternak, Puskeswan Pandeglang telah menyiapkan jaringan pelayanan kesehatan hewan pembantu (Puskeswan Pembantu) yang akan mendekatkan pelayanan kesehatan hewan bagi warga, masyarakat peternak di wilayah Kecamatan Menes dan sekitarnya,” ungkap Ade Setiawan, Kamis (31/03/2022).

Ade mengakui hingga saat ini di Kabupaten Pandeglang hanya memiliki satu gedung Puskeswan yang berlokasi di Kecamatan Karangtanjung. 

“Oleh karena itu, dalam rangka lebih meningkatkan akses dan jangkauan pelayanan, pihaknya tahun ini berencana mengembangkan 3 Puskeswan Pembantu yakni di Kecamatan Menes, Labuan dan Kecamatan Cibaliung,” paparnya.

“Tahap pertama, satu Puskeswan Pembantu sudah siap  dioperasikan mulai bulan April 2022 di Kecamatan Menes tepatnya di lokasi Pasar Hewan Menes di Desa Purwaraja,” imbuh Ade.

Ade mengatakan, sebagai tahap awal Puskeswan Pembantu Menes baru bisa memberikan pelayanan setiap hari Selasa saja atau seminggu sekali. 

“Sudah disiapkan dokter hewan dan seorang paramadik veteriner untuk ditugaskan memberikan pelayanan kesehatan hewan setiap hari Selasa,” katanya.

Ditambahkan, saat ini di Puskeswan Pandeglang baru tersedia tenaga teknis dua orang dokter hewan dan 2 paramedik. 

“Mudah-mudahan tahun ini segera ditambah petugas teknis di Puskeswan Pandeglang, sehingga Puskeswan Pembantu di Kecamatan Labuan dan Cibaliung bisa segera direalisasikan,” harapnya.
Tingkatkan pelayanan akses kesehatan kesehatan hewan, Puskeswan Pandeglang operasikan jaringan pelayanan Puskeswan Pembantu Kecamatan Menes setiap Selasa. ANTARA/Istimewa






 

Pewarta: Sambas

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022