Tangerang (ANTARABanten) - Pemerintah Kota Tangerang Selatan, Banten, menargetkan memiliki 54 taman baca masyarakat untuk meningkatkan minat baca.


"Kami targetkan untuk memiliki 54 taman baca masyarakat di Tangerang Selatan," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan, Mathoda di Tangerang, Kamis.

Mathoda menuturkan jumlah 54 taman baca masyarakat disesuaikan dengan total kelurahan/desa yang ada di Kota Tangerang Selatan.

Kota Tangerang Selatan memiliki 49 kelurahan dan lima desa dari total tujuh kecamatan yang ada.

Dengan adanya taman baca disetiap kelurahan/desa maka akan memberikan kemudahan kepada masyarakat setempat untuk tidak terlalu jauh.

"Tujuannya adalah memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mendapatkan buku pelajaran serta meningkatnya minat baca," katanya

Mathoda menjelaskan bila saat ini di Kota Tangerang Selatan sudah terdapat 34 taman baca yang telah mengantongi izin dari Dinas Pendidikan.

Adapun taman baca masyarakat yang belum memiliki izin yakni berjumlah enam lembaga. Meski demikian, proses perizinan enam taman baca masyarakat tersebut dalam proses.

"Kami upayakan agar enam lembaga taman baca masyarakat yang belum memiliki izin agar statusnya resmi agar mendapat pasokan buku dari dinas pendidikan," katanya.

Artinya, kata Mathoda, dengan jumlah 40 taman baca masyarakat yang sudah ada, dinas pendidikan hanya mengupayakan menambah 14 lagi taman baca.

"Kita sudah berkoordinasi dengan UPTD pendidikan setempat untuk bisa mendirikan taman baca masyarakat bagi wilayah yang masih sedikit jumlah taman baca," katanya.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2011