Lebak (ANTARABanten) - Puluhan pohon di sejumlah ruas jalan protokol di Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten, Senin, roboh diterjang angin kencang disertai hujan deras dengan petir.


Berdasarkan pantauan angin kencang disertai hujan deras dan petir melanda wilayah Rangkasbitung, Kabupaten Lebak pukul 14.00 WIB hingga 17.00 WIB merobohkan puluhan pohon dan warung milik warga sekitar Ranca Indah, Rangkasbitung.

Kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, karena saat cuaca buruk warga tidak berada di jalanan maupun di bawah pohon.

"Kami perkirakan sekitar 20 pohon tumbang akibat diterjang angin kencang disertai hujan lebat dan petir," kata Kepala Bidang Kebersihan Dinas Kebersihan Kabupaten Lebak Iwan Ridwan di Rangkasbitung.

Ia mengatakan, sebagian besar pohon yang roboh berada di ruas jalan protokol, di antaranya jalan Hardiwinangun, Multatuli, dan depan Kantor Pemerintah Kabupaten Lebak.

Selain itu juga dua tiang listrik dan kabel roboh  dan masih mengeluarkan listrik.

Namun, kata dia, pihaknya hingga kini belum menerima laporan korban jiwa akibat cuaca buruk tersebut.

Pohon yang roboh itu disebabkan usia tanaman tua dan akar tunggal.

"Hujan deras disertai angin kencang tidak ada korban jiwa," katanya.

Sementara itu, Koordinator Unit Analis Cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Serang, Halim Perdanakusumah mengaku selama ini cuaca buruk masih berpeluang di wilayah Kabupaten Lebak karena memasuki masa transisi dari kemarau ke musim hujan.

"Kami mengimbau jika hujan deras disertai angin kencang dan petir yang terjadi siang sampai sore hari diminta waspada," ujarnya.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2011