Sebanyak 115 Rukun Warga di Kota Tangerang Banten menerapkan program Kampung Iklim terkait penataan lingkungan yang berkaitan dengan perubahan iklim saat ini.

"Di Kota Tangerang, di tahun 2021 terdapat sebanyak 115 RW yang mengadopsi program Kampung Iklim. Program Kampung Iklim dikolaborasikan dengan program yang ada di setiap OPD," kata Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah melalui keterangannya Jumat.

Baca juga: Pemkot Tangerang bentuk TP2DD maksimalkan penggunaan keuangan digital

Ia menjelaskan upaya Pemerintah Kota Tangerang dalam mendukung program Kampung Proklim yang digagas oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) telah mendapatkan apresiasi oleh Pemerintah Pusat.

Hal tersebut terbukti dengan diraihnya sembilan RW di Kota Tangerang yang mendapatkan penghargaan Proklim Utama pada tahun 2020 lalu dair KLHK.

Ia juga menuturkan Pemkot Tangerang berkomitmen dalam memainkan peran sebagai fasilitator bagi masyarakat untuk bergerak bersama menata lingkungan tempat tinggalnya menjadi lebih baik.

"Kami ajak berkunjung ke kampung lain yang juga berada di Kota Tangerang yang sudah lebih dulu berbenah, supaya bisa berbagai ilmu dan pengalaman," katanya.

Lebih lanjut Wali Kota menyampaikan pengembangan program kampung proklim di Kota Tangerang mengedepankan penataan lingkungan yang menyesuaikan dengan kondisi perubahan iklim yang terjadi.

"Penghijauan dilakukan di setiap RW, pemberian bibit tanaman produktif dan juga bibit ikan kepada KWT serta tata cara pengolahan sampah," ujarnya.

 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021