Aparat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang, Banten, mengelar penyemprotan disinfektan lanjutan di tiga kecamatan terutama pada areal publik dan padat penduduk terkait pandemi virus corona (COVID-19).

"Sasarannya saat ini adalah Kecamatan Panongan, Balaraja dan Kecamatan Pasar Kemis agar dapat memutus mata rantai penyebaran," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tangerang, Kosrudin di Tangerang, Rabu.

Kosrudin mengatakan pihaknya melakukan penyemprotan disinfektan tersebut mengunakan kendaraan pemadam kebakaran yang biasanya untuk memadamkan api.

Dia mengatakan pilihan tiga kecamatan tersebut karena selain padat penduduk juga terdapat banyak ruang publik dan sarana keagamaan.

Namun saat penyemprotan itu juga dibantu aparat Polresta Tangerang, Satpol PP setempat dan petugas dari tiap kecamatan.

Padahal sebelumnya penyemprotan serupa juga dilakukan di Kecamatan Tigaraksa dan Cikupa serta Kecamatan Curug.

Kosrudin menambahkan penyemprotan disinfektan menyasar jalan protokol, kawasan pertokoan, pasar tradisonal dan tempat ibadah.

Menurut dia, penyemprotan adalah sebagai langkah pencegahan dan percepatan penanganan COVID-19 yang dianggap paling efektif.

Pihaknya mengimbau agar warga bila sedang berada di ruang publik untuk dapat menjaga jarak, hindari kerumunan.

"Untuk lebih baiknya ya di rumah saja dan cuci tangan pakai sabun setiap saat," kata mantan pejabat Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang itu.

Meski begitu, upaya penyemprotan tersebut akan dilakukan secara berkala dan akan terus dilakukan, sesuai instruksi Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang, Moch. Maesyal Rasyid mengatakan telah membentuk website khusus dan posko di lantai lima kantor Pusat Pemerintahan setempat.

Maesyal menambahkan warga yang ingin mengetahui secara mendalam dapat mengujungi website penyebaran COVID-19 pada alamat: covid19.tangerangkab.go.id.

Demikian juga warga dapat menghubungi melalui center 119 yakni pada telp (021) 599-0535 atau mengunakan telepon selular (ponsel) 081-1355-4433.

Sedangkan pada website tersebut berisikan angka kejadian di Kabupaten Tangerang, peta kejadian covid-19 dan tabel sebaran wilayah.


 

Pewarta: Adityawarman(TGR)

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020