Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Provinsi Banten mengingatkan masyarakat di daerah itu agar mewaspadai jika curah hujan meningkat khususnya di permukiman yang lokasinya di pegunungan dan perbukitan.

"Kita hari ini diguyur hujan selama 3,5 jam mulai pukul 14.30 sampai pukul 18.10 WIB dengan intensitas sedang," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak Kaprawi di Lebak, Sabtu.

Dia mengatakan meningkatnya curah hujan tersebut dipastikan mulai memasuki musim hujan, karena sebelumnya ditandai hujan lebat disertai angin kencang dan badai petir.

Namun, saat ini curah hujan dengan intensitas sedang dan berlangsung selama 3,5 jam dikhawatirkan menimbulkan rawan bencana alam. Biasanya potensi bencana longsor tersebut sangat berpeluang.

Karena itu, BPBD Lebak minta masyarakat yang tinggal di permukiman di sekitar perbukitan, pegunungan dan daerah aliran sungai agar meningkatkan kewaspadaan untuk mengurangi risiko kebencanaan.

Selama ini, ujar dia, warga yang tinggal di daerah rawan bencana longsor hingga mencapai ribuan kepala keluarga.

"Kami minta warga tetap waspada jika curah hujan meningkat," katanya.

Kaprawi menjelaskan, saat ini, daerah yang masuk kategori rawan longsor meliputi Kecamatan Lebak Gedong, Cibeber, Cipanas, Cilograng, Muncang, Sobang, Gunungkencana, Bojongmanik, Cimarga, Panggarangan, Cihara, Bayah, Cirinten, Banjarsari, Cigemblong, sebab di daerah itu tofografinya perbukitan, pegunungan dan aliran sungai.

Lebih ironisnya, kata dia, banyak masyarakat yang mendirikan rumah di samping jurang atau tebing dengan kedalaman 30 sampai 60 meter.

"Kami minta jika curah hujan berlangsung hingga enam sampai delapan jam, sebaiknya warga mengungsi ke lokasi yang lebih aman untuk menghindari bencana longsor," katanya.

Sementara itu, sejumlah relawan di Kecamatan Cibeber mengaku bahwa masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak yang lokasinya pegunungan dan perbukitan jika curah hujan meningkat tentu lebih waspada terdampak bencana alam.

"Kami selalu menyebarkan informasi imbauan kepada masyarakat agar mewaspadai bencana longsor jika curah hujan intensitas tinggi," kata Agus, seorang relawan Kecamatan Cibeber Kabupaten Lebak.
 

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019