Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, mengeluarkan peringatan kewaspadaan angin kencang selama masa pancaroba antara  musim kemarau ke kemarau.

"Kita minta warga mewaspadai angin kencang disertai petir dan hujan lebat," kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Lebak, Kaprawi di Lebak, Minggu.

Peringatan kewaspadaan cuaca buruk tersebut untuk mengurangi risiko kebencanaan agar tidak menimbulkan korban jiwa maupun kerusakan material cukup besar.

Diperkirakan memasuki musim pancaroba pada Sabtu (26/10) sejumlah pohon tumbang, papan reklami roboh, dan  juga atap rumah rusak.

Beruntung cuaca buruk tersebut tidak menimbulkan korban jiwa.

BPBD telah menyebarkan surat peringatan kewaspadaan kepada aparat kecamatan, desa,kelurahan dan masyarakat agar mewaspadai cuaca buruk.

"Kami berharap warga tetap waspada menghadapi cuaca buruk itu," ujarnya.

Ia mengatakan, angin kencang terjadi sore hari setelah diguyur hujan lebat disertai sambaran petir berdasarkan laporan BMKG Serang diperkirakan kecepatan angin di atas 30 knot.

Karena itu, saat hujan dan angin kencang berlangsung diminta warga berada di rumah dan dilarang berada di tanah lapang, di bawah pohon dan di atas atap genteng, katanya.

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019