Menggandeng Astra Honda Motor MS Kemakmuran, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Wilayah Banten memberikan pelatihan Safety Riding kepada pekerja yang setiap hari mengendarai sepeda motor bila pergi dan pulang dari tempat bekerja.

"Safety Riding ini merupakan program Promotif Preventif BPJS Ketenagakerjaan pusat yang juga dilaksanakan di setiap provinsi, sebagai bagian dari perhatian kami terhadap keselamatan para pekerja yang mengendarai sepeda motor, yang akhir-akhir ini angka tingkat kecelakaan cukup tinggi," kata Asisten Deputi Direktur Bidang Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Banten Mulyana di Serang, Rabu (25/9).

Mulyana mengatakan tingkat kecelakaan lalulintas yang tinggi dialami para pengendara sepeda motor, bisa disebabkan oleh kurang hati-hatinya dalam mengendarai sepeda motor, bisa juga akibat pengendara lain yang menabrak dari belakang.

Program yang akan rutin dilaksanakan setiap tahun dengan tema yang berbeda itu bertujuan untuk mengingatkan pekerja akan pentingnya keselamatan jiwa, kata Mulyana.

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan bantu 38 KK warga Baduy korban kebakaran

Diajaknya Astra Honda Motor MS Kemakmuran sebagai mitra, menurut Mulyana, karena honda memiliki fasilitas lengkap untuk kegiatan safety riding tersebut, bahkan Honda sendiri sudah lama menyelenggarakan kegiatan semacam itu. Kegiatan serupa tidak hanya diselenggarakan di Kota Serang, tetapi juga di Kota Tangerang, yaang diikuti sebanyak 420 peserta.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Banten Al Hamidi saat membuka kegiatan pelatihan Safety Riding mengatakan di Banten terdapat sebanyak 15.945 perusahaan dengan jumlah tenaga kerja mencapai 1,5 juta lebih, dan mayoritas pekerja itu pergi kerja menggunakan sepeda motor. 

Dengan demikian, pengguna sepeda motor di Banten tiap tahun terus meningkat, dan jumlah kecelakaan pun juga mengalami peningkatan.

Sehubungan dengan itu, Al Hamidi mengapresiasi kegiatan safety riding yang diselenggarakan BPJS Ketenagakerjaan tersebut, dan berharap dari pelatihan tersebut mampu menekan tingkat kecelakaan lalu lintas.

"Kami mengharapkan para peserta safety riding sebagai wakil dari setiap perusahaan, agar menularkan ilmu yang didapat dari pelatihan ini kepada teman-temannya," kata Hamidi.

Baca juga: Tekan kecelakaan di jalan, BPJS-TK Banten bagikan 500 helm

Humas Polsek Cipocok Briptu Priyanto yang hadir pada acara itu mengakui bahwa tingkat kecelakaan di wilayah kerjanya tiap tahun terus meningkat, yang disebabkan antara lain ketidak hati-hatian membawa kendaraan, dan juga celaka karena tertabrak oleh kendaraan lainnya.

Opan Sopandy, Safety Riding Instruktur Honda MS Kemakmuran menyambut baik BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Banten mengajaknya bekerja sama dalam kegiatan Safety Riding tersebut.

"Kami memiliki Safety Riding House yang diperuntukkan bagi masyarakat umum, sehingga tidak kesulitan bagi kami menyediakan sarana dan prasarananya," kata Sopandy.

Sebagai distributor, kata Safety, pihak Honda tidak hanya terpaku pada penjualan sepeda motor saja, tetapi juga memiliki tanggungjawab kepada si pembeli agar ia menggunakan motor tersebut telah siap dengan cara-cara mengendarai motor, serta persiapan alat-alat yang diperlukan untuk keselamatan selama di jalan raya. 

Baca juga: BPJS-Tk launching Sangiang sebagai desa sadar jaminan sosial ketenagakerjaan
 
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Banten Al Hamidi pada Pelatihan Safety Riding di Serang, Rabu (25/9)

 

Pewarta: Ridwan Chaidir

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019