Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan selalu peduli dan hadir membantu warga yang mengalami musibah bencana alam, juga musibah kebakaran yang baru-baru ini terjadi di Kampung Jadi Gede, Desa Kenekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten, yang menghanguskan 38 rumah warga Baduy luar.

Kebakaran hebat yang melalap habis rumah-rumah yang terbuat dari kayu pada Kamis (12/9) tersebut mengakibatkan ratusanwarga baduy kehilangan tempat tinggal, dan sementara ini mereka mendirikan pondok sederhana yang atapnya dari terpal sebagai tempat menginap sementara.

Untuk meringankan beban korban, karyawan BPJS Ketenagakerjaan yang tergabung dalam Yayasan Almaghfiroh BPJS Ketenagakerjaan bekerjasama dengan rumah zakat membantu Sembako berupa beras, minyak sayur, garam, ikan asin, terasi, rendang sapi kalengan senilai Rp35 juta, yang diserahkan oleh Asisten Deputi Direktur Wilayah Banten Bidang Kepesertaan Didin Haryono sekaligus selaku ketua yayasan almaghfiroh BPJS ketenagakerjaan, Minggu (15/9).

Bantuan tersebut diterima langsung oleh kokokot Baduy Jaro Saidi jaro tangtu 12. Mewakili masyarakat Baduy yang terkena musibah, Jaro Saidi mengucapkan terimakasih yang tak terhingga atas bantuan dan tengokan (kunjungan) dari BPJS Ketenagakerjaan wilayah Banten dan Yayasan Almaghfiroh tersebut.  

"Kami sangat mengapresiasi sekali pada BPJS ketenagakerjaan wilayah Banten, dan kami siap mendukung dan melanjutkan untuk terus mengajak masyarakat kami yang belum ikut BPJS ketenagakerjaan, saya sudah ikut dua tahun yang lalu, dan saat ini masyarakat Baduy sudah hampir 200 orang yang sudah ikut mendaftar secara sukarela menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan dengan dua program yaitu jaminan kecelakaan kerja (jkk) dan jaminan kematian (jkm)," kata Jaro Saidi. 

"Pokoknya saya selaku jaro tangtu 12, akan mengajak dan mengimbau masyarakat kami untuk ikut BPJS ketenagakerjaan," katanya lagi.

Sementara itu Asdep kepesertaan Didin Haryono mengatakan bahwa kegiatan tersebut adalah sebagai bentuk tanggung jawab sosial para karyawan lewat yayasan almaghfiroh melalui kerja sama dengan rumah Zakat untuk membantu saudara kita di kampung  jadi gede, desa kanekes, kec. Leuwidamar, kabupaten lebak, Banten, yang saat ini terkena musibah kebakaran yang menghanguskan 38 rumah milik 38 Kepala Keluarga.

"Kami hadir adalah bentuk cinta dan kasih sayang kami sesama anak bangsa dan sesama masyarakat Banten. Suku Baduy adalah bagian kita dan kita juga sama bagian bersama masyarakat Baduy. Kita wajib saling membantu," kata Didin.
 
Asisten Deputi Direktur Wilayah Banten Bidang Kepesertaan Didin Haryono memantau Sembako yang didistribusikan
 untuk korban kebakaran warga Baduy, Minggu (15/9). ANTARA Foto/HO/Humas BPJS Ketenagakerjaan.

Pewarta: Ridwan Chaidir

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019