Guna membantu masyarakat dalam mengatasi masalah darah tinggi, Puskesmas Cikokol meluncurkan program "Dara Ting-Ting" yang merupakan kepanjangan dari Darah Tinggi Tinggalkan.

Program yang sudah berjalan sejak tahun 2018 tersebut, kini lebih dioptimalkan lagi dalam mewujudkan masyarakat yang sehat.

Wardiah selalu Kepala Penanggung Penyakit Tidak Menular Puskesmas Cikokol di Tangerang Kamis menuturkan, program ini dilaksanakan setiap hari Rabu dengan pengecekan langsung oleh petugas ke rumah warga.

Baca juga: DKP Tangerang bentuk satgas awasi penjualan hewan kurban sakit

Dalam pemeriksaan tersebut, diterjunkan tenaga medis seperti dokter, perawat, ahli gizi, promkes dan kader penyakit tidak menular.

Jika ditemukan ada masyarakat yang alami darah tinggi maka akan diberikan pengobatan dan edukasi hidup sehat.

"Hasil temuan di lapangan, penderita darah tinggi adalah perokok. Warga kita anjurkan mengecek tekanan darah secara rutin sebab bisa terkena stroke jika tak terkontrol," paparnya.

Sementara itu, solusi untuk mengatasi darah tinggi adalah dengan diet seimbang, olahraga teratur seperti jalan cepat minimal 30 menit sehari.

"Darah tinggi bisa menyerang siapa saja. Maka itu harus terapkan hidup sehat. Minimal dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat," paparnya.

Baca juga: DLH Tangerang tukar 20 botol plastik bekas dengan tumbler

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019