Sebanyak 13 siswa/siswi di SMAN 2 Kota Tangerang Selatan, Banten berhasil  meraih prestasi  diantaranya Olimpiade Sains Nasional (OSN)  tingkat nasional, bahkan dua diantaranya berlaga pada kompetisi internasional dan mengharumkan nama bangsa dan negara.

Dari konfirmasi, Rabu, menyebutkan kategori OSN 2019 yang berhasil diraih diantaranya  medali emas bidang ekonomi, medali perunggu bidang matematika, "absolute winner geografi", medali perak bidang fisika, medali perunggu bidang kimia, medali perunggu bidang biologi, medali perak bidang komputer. 

Kebanggan itu tentu tak hanya dirasakan oleh pihak sekolah maupun para siswa. Akan tetapi juga oleh keluarga, Pemerintah Kota Tangsel, serta masyarakat luas. Prestasi demikian, secara tidak langsung menumbuhkan geliat siswa lain untuk dapat bersaing satu sama lain.

Prestasi lainnya yakni kategori debat  bahasa inggris, salah satu siswi kelas XII IPA 3 bernama Kimberly Roseline, saat ini melenggang maju mewakili Provinsi Banten pada olimpiade tingkat nasional yang digelar di Banjarmasin, 14 hingga 20 Agustus 2019. 

"Untuk nasionalnya akan berlangsung di Banjarmasin. Saya mewakili Provinsi Banten untuk kategori debat bahasa inggris. Saya tahu nanti lawan yang dihadapi langganan juara, tapi justru hal ini menambah semangat saya untuk meraih prestasi itu," tutur Kimberly.
 
Gadis berparas cantik itu berhasil menyisihkan pesaingnya dari sekolah-sekolah unggulan di Kota Tangsel dan Banten. Di kancah nasional nanti, Kim akan menghadapi perwakilan sekolah langganan juara dari berbagai kota besar di Indonesia.

Baca juga: DPC LPM Serut lantik LPM kelurahan se-Kecamatan Serpong Utara

Prestasi yang didapat Kim, tak datang tiba-tiba. Dia mengatakan, melatih kemampuan berbahasa Inggris sejak masa kanak-kanak. Kim sempat mengenyam pendidikan di sekolah internasional. Modal itu kian berkembang saat dirinya diterima masuk di SMAN 2 Tangsel.

"Sejak kecil saya suka belajar bahasa inggris, terus sebelum masuk SMAN 2 saya sekolah internasional. Jadi ketekunan saya itu yang meningkatkan kemampuan berbahasa inggris saat ini," jelasnya..

Kini 2 siswa lainnya dari SMAN 2 Tangsel,  mendapat kesempatan berlomba di kancah internasional, yakni Joshua Karel alias Kay, siswa kelas XII yang akan mengikuti lomba internasional di Srilanka, dengan kategori debat bahasa inggris. Sedangkan seorang siswa kelas XII lainnya, Bayu Dwiputra, kini mengikuti lomba kategori bidang kimia di Paris, Perancis.

Sementara, Kepala SMAN 2 Tangsel, Neng Nurhemah, menerangkan bersama  semua guru yang ada bertugas membangun mutu sekolah melalui kualitas tiap siswa. OSN, adalah salah satu jembatan yang mendorong para siswa bersaing menuju kesuksesan.

"Fungsi saya adalah bagaimana saya membangun tim kami dari guru, untuk membawa sekolah ini menjadi jembatan buat mereka menuju sukses," ujarnya.

Disampaikan Nurhemah, ada sekira 290-an siswanya yang pada tahun ini meraih prestasi di OSN. Capaian itu  menepis anggapan bahwa hanya sekolah swasta unggulan yang siswanya bertabur prestasi.

"Hampir 290 prestasi yang kita raih, tingkatnya macem-macem. Hari ini kita hadirkan memang yang berjenjang nasional, yang internasional juga banyak. Jadi kami ingin mengubah image di OSN itu bukan hanya sekolah swasta, tapi sekolah negeri juga bisa," ujarnya.

Baca juga: Wakil Wali Kota Tangsel sidak tempat pemotongan hewan qurban

Pewarta: Ilham Pangestu

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019