Program Biaya Operasional Pendidikan (BOP) berupa bantuan iuran sekolah siswa yang digulirkan Pemkot Tangerang, Banten sejak ajaran baru tahun 2017/2018 sangat efektif dan bermanfaat besar bagi pihak sekolah.

Kepala SMP Islam Al Mabruroh di Buaran Indah yaitu Inta Ikmalasari di Tangerang Sabtu menjelaskan, manfaat dari program tersebut yakni pihak sekolah memiliki jaminan kepastian mengenai pemasukan uang dari iuran siswa yang dibayarkan oleh pemerintah kota setiap triwulannya.

Kemudian, program SPP gratis yang ditanggung oleh Pemkot Tangerang menjadi solusi ketika ada siswa yang terlambat melakukan pembayaran iuran bulanan.

Sekolah dengan 193 siswa ini pun mengaku jika iuran bulanan siswa tak lagi menjadi masalah sebab sudah terselesaikan dengan program tersebut.

"Program pendidikan mulai dari peningkatan belajar, mutu guru dan juga pembiayaan sangat membantu. Wali murid jadi tak merasa harus terbebani ketika anaknya di sekolah swasta karena sudah dibantu pemerintah," ujarnya.

Sementara itu, besarnya manfaat yang diterima masyarakat dari program bantuan iuran bulanan sekolah, sebab wali murid tak perlu lagi mengeluarkan biaya SPP bulanan untuk anaknya.

Jumlah sekolah yang ikut dalam program ini pun bertambah setiap tahunnya sejak dijalankan pada ajaran tahun 2017/2018 dengan total sekolah yang ikut ada 96 SMP Swasta.

Baca juga: Dindik Kota Tangerang siapkan Posko Pengaduan PPDB
Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Jamalludin menuturkan, pada tahun 2018 sekolah yang ikut program ini ada 102 SMP swasta yang tersebar di 4 rayon. Sama halnya dengan tahun ini ada 102 SMP Swasta.

Namun perbedaannya adalah jumlah siswa yang menerima program ini. Hal ini karena jumlah lokal/kelas di sekolah bertambah. Pada tahun 2018 ada 15.248 siswa dan tahun ini ada 15.416 siswa.

"Semakin banyak siswa yang menerima program ini, maka semakin besar manfaatnya. Kita harapkan semua anak - anak di Kota Tangerang bisa bersekolah tanpa terkendala biaya," ujarnya.

Orang tua siswa yang anaknya sekolah di SMP Swasta dan ikut dalam program bantuan iuran bulanan sekolah, mengaku senang dan berharap agar kedepannya program tersebut dapat terus dipertahankan dan tingkatkan.

"Saya harap program ini tetap ada. Apalagi untuk orang tua yang memiliki banyak anak. Bahkan, Pemkot bisa membantu juga biaya kegiatan siswa lainnya sehingga seluruh biaya ditanggung secara penuh," ujar Neneng Kurnia.

Perlu diketahui, sebanyak 102 SMP swasta di Kota Tangerang mengikuti Program Biaya Operasional Pendidikan (BOP) berupa bantuan iuran sekolah siswa sehingga siswa tak perlu lagi membayar SPP setiap bulan, sebab sudah dibayarkan oleh pemerintah.

Sejak ajaran baru Tahun 2017/2018, Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Pendidikan telah menggulirkan program BOP untuk SMP swasta. Pada tahun awal, ada 96 SMP swasta yang masuk dalam program tersebut.

Jadi, bagi siswa yang masuk ke sekolah SMP swasta dan telah ikut dalam program BOP maka biaya SPP bulanan tak lagi dibayarkan sebab sudah ditanggung oleh Pemkot Tangerang.

Baca juga: Pemkot Tangerang resmikan kampung tertib dan aman

Baca juga: "Job fair" Kota Tangerang digelar Juli

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019