Pemerintah Kota Tangerang, Provinsi Banten, melalui Dinas Ketenagakerjaan akan kembali menggelar "job fair" tingkat kota pada Juli 2019.

Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kerja Disnaker, Iing Riskomar di Tangerang, Selasa, menyatakan kegiatan yang sudah menjadi agenda rutin ini adalah bagian dari pemerintah memberikan fasilitas kepada masyarakat dalam mencari lowongan kerja.

Sistem yang diterapkan dalam job fair ini yakni dengan pendaftaran online melalui aplikasi Tangerang LIVE. "Warga bisa mendownload aplikasi Tangerang LIVE dan melakukan pendaftaran secara online," ujarnya.

Baca juga: Arief: Penerapan Aplikasi Di "Job Fair" Antisipasi Penumpukan

Pemerintah Kota Tangerang pada Januari-Maret tahun 2019,  telah melaksanakan job fair ditingkat Kecamatan. Hasilnya sangat efektif. Sebanyak 561 para pencari kerja diterima di 56 perusahaan.

Perubahan sistem job fair dengan konsep mendaftar secara online, memudahkan dalam penempatan kerja sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Dari 5.603 lowongan yang tersedia dan 12.837 pelamar, sebanyak 5.852 pencari kerja mengikuti proses interview oleh perusahaan. Hasilnya, 2.243 pencari kerja yang hadir dalam interview, 561 pekerja diterima.

"Jadi, sekarang konsepnya berubah menggunakan sistem online untuk kegiatan job fair. Tujuannya agar lebih terdata dan lebih rapih. Dalam waktu dekat, kami pun akan melaksanakan job fair," ujarnya.

Baca juga: Pemkot Tangerang Terapkan "Sistem QR Code" Di Job Fair

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019