Sekitar 500 anggota Kepolisian Resor Kota Tangerang, Banten mengikuti donor darah guna menyambut Hari Bhayangkara 2019 di daerah itu yang berlangsung di ruang rapat utama markas polresta setempat di Tigaraksa, Rabu.

"Selain anggota turut berpartisipasi para istri polisi untuk menyumbangkan darah demi kemanusiaan," kata Kepala Polresta Tangerang Kombes Pol Sabilul Alif di Tangerang, Rabu.

Selain donor darah, kata dia, sebelumnya juga dilaksanakan kegiatan bakti religi dalam bentuk membersihkan tempat ibadah oleh jajaran kepolisian resor setempat.

Baca juga: Polisi Tangerang minta toko emas pasang teralis setelah terjadi perampokan

Namun, dalam donor darah yang diikuti anggota kepolisian setempat dan istri, tidak semua peserta dapat diambil darahnya karena kondisi kesehatan masing-masing setelah dilakukan pemeriksaan oleh petugas.

"Masalah tersebut tergantung kepada kondisi fisik dan kesehatan serta kelayakan setelah ada pemeriksaan dari petugas medis," kata dia.

Para anggota polisi dan lainnya yang berencana melakukan donor darah, kata dia, harus menjalani pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu yang dilakukan oleh petugas medis.

"Bagi yang layak dan dinyatakan sehat oleh petugas medis maka dilaksanakan pengambilan darah," kata Sabilul Alif yang juga mantan Kepala Kepolisian Resor Jember, Jawa Timur itu.

Pelaksanaan donor darah tersebut bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tangerang.

Menurut dia, donor darah dilaksanakan dengan dasar kesadaran masing-masing anggota, sedangkan tujuan kegiatan tersebut untuk memberikan sumbangsih dalam hal kebutuhan pasokan darah.

Hal tersebut, katanya, karena darah merupakan bagian penting bagi kehidupan manusia, apalagi bagi yang membutuhkan di rumah sakit dan dalam perawatan.

Bahkan, kata dia, melalui donor darah bisa membantu masyarakat yang memerlukan demi kesembuhan dari penyakit yang mereka derita.

Dia mengharapkan melalui aksi donor darah tersebut, pihaknya dapat berperan dalam membantu sesama demi kemanusiaan.

"Karena setetes darah adalah nyawa bagi yang memerlukan," kata dia.

Baca juga: Polisi Tangerang petakan lokasi rawan konflik pada pilkades

Baca juga: Polres Tangerang ringkus pembobol boks sepeda motor


 

Pewarta: Adityawarman

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019