Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lebak, Banten,  Dedi Rahmat mengatakan bahwa persediaan bahan pokok di daerah ini menjelang relatih aman dan dan mencukupi kebutuhan konsumsi masyarakat setempat Ramadhan 2019.

"Kami menjamin persediaan bahan pokok menjelang Ramadhan mencukupi dan tidak ada masalah," kata Dedi Rahmat di Lebak, Jumat.

Pemerintah daerah mengoptimalkan pemantauan dan pengawasan persediaan bahan pokok di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Lebak karena permintaan  masyarakat cenderung meningkat.

Karena itu, pihaknya berkoordinasi dengan Satuan Tugas (Satgas) Pangan yang terdiri tas unsur kepolisian, Perum Bulog, Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun), Dinas Ketahanan Pangan dan Tim Pengendalian Inflansi Daerah (TPID) serta pengusaha.

Selama ini, kata dia, distribusi bahan pokok berjalan lancar. "Koordinasi itu untuk menjamin ketersediaan bahan pokok  mencukupi, sehingga harga murah dan terjangkau," katanya.

Menurut dia, harga bahan pokok tidak naik meski jumlah konsumsi masyarakat meningkat. Biasanya, menjelang Ramadhan para pedagang menaikkan harga seenaknya dan terjadi kelangkaan sejumlah bahan pokok akibat tingginya konsumsi masyarakat.

"Kami minta pedagang tidak menaikkan harga menjelang Ramadhan karena pasokan bahan pokok melimpah," ujarnya.

Kepala Satgas Pangan Ajun Komisaris Dani Arianto mengatakan bahwa petugas terus mengoptimalkan pengawasan terhadap spekulan maupun distributor bahan pokok guna mencegah penimbunan.

Selama ini, pihaknya tidak menemukan penimbunan bahan pokok sehingga persediaan aman. "Kami akan memproses secara hukum jika ditemukan pelaku penimbunan bahan pokok," katanya.

 

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019