Pemerintah Kabupaten Lebak mengimbau warga melupakan perbedaan pilihan politik setelah melaksanakan kewajibannya memberikan hak pilih pada  17 April 2019.

"Siapapun calon presiden yang menang melalui proses hasil pesta demokrasi itu, kita dukung agar Indonesia ke depan menjadi lebih baik," kata Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Lebak, Yusuf di Lebak, Kamis.

Pemerintah daerah mengapresiasi pascapemilu kondisi Kabupaten Lebak relatif aman dan damai.

Masyarakat yang awalnya berseberangan akibat perbedaan pandangan politik, namun setelah pencoblosan lupakan semuanya dan kembali menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.
 
Sebab, persatuan dan kesatuan sebagai ciri karakter masyarakat Kabupaten Lebak yang menjunjung tinggi serta cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika dan UUD 45.

Selain itu, juga membangun kehidupan yang lebih baik dan tidak menimbulkan perpecahan maupun konflik di masyarakat.

Warga di Kabupaten Lebak, juga diminta  tidak menebar ujar kebencian dan hoaks (berita bohong) melalui media sosial.

"Kita pascapemilu lebih mengutamakan kehidupan yang bersatu dan penuh kedamaian," ujarnya menjelaskan.

Menurut dia, pendukung dan simpatisan calon presiden nomor urut 01 pasangan Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno harus  tetap bersatu.

Para simpatisan juga siap menerima kekalahan dari salah satu pasangan calon presiden yang didukungnya dengan sikap legowo. Masyarakat harus bijaksana dan dewasa untuk menghormati hasil pilihan rakyat.

Simpatisan calon presiden yang menang tentu berharap ke depan Indonesia semakian maju dan kehidupan masyarakat sejahtera.

"Kami berharap masyarakat tetap menjaga dan melestarikan persatuan pascapemilu 2019," katanya.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada KPU, Bawaslu, Polri, TNI, pemerintah daerah dan elemen masyarakat, sehingga pelaksanaan Pemilu 2019 berjalan lancar.

Bahkan, partisipasi masyarakat untuk memilih calon presiden/wakil presiden, anggota  DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) meningkat. "Kita hidup lebih indah dan damai jika masyarakat bersatu," katanya.


 

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019