Desk Pemilu Kabupaten Tangerang, Banten, melakukan pemantauan distribusi logistik pemilu berupa kotak dan surat suara hingga ke tingkat kecamatan dan desa serta kelurahan.

"Kami berkewajiban agar pemilu 2019 berjalan lancar dan distribusi tidak mengalami kendala," kata Ketua Desk Pemilu Kabupaten Tangerang, Moch. Maesyal Rasyid di Tangerang, Senin.

Maesyal mengatakan pihaknya memastikan bahwa pengiriman kotak dan kertas suara serta logistik lain tidak tercecer maka harus sampai ke tujuan.

Hal tersebut terkait Desk Pemilu setempat telah meninjau gudang logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang yang terletak di Jalan Raya PLP Curug, Kecamatan Curug bersama Ketua KPU, Muhammad Ali Zainal Abidin.

Upaya yang dilakukan supaya petugas di gudang tersebut meneliti logistik yang telah dikirim dan melakukan rekap.

Namun pendistribusian kotak dan surat suara serta peralatan lainnya berupa tinta, alat coblos pada 29 kecamatan, setelah itu mengirimkan pada 246 desa dan 28 kelurahan.

Dia menambahkan pengiriman tersebut dilakukan secara bertahap mulai Minggu (14/4) sore hingga berakhir Selasa (16/4) kepada 8.851 TPS

Pihaknya optimistis logistik sudah sampai ke desa dan kelurahan pada Selasa sore serta telah tiba di TPS masing-masing sebelum pencoblosan.

Menurut Maesyal yang juga Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang itu bahwa logistik pemilu tidak boleh tercecer karena berpengaruh terhadap kelancaran pada pencoblosan 17 April 2019.

Sedangkan pendistribusian logistik itu untuk pilpres, pileg DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/kota dan DPD RI.

KPU setempat telah merampungkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) tahap kedua sebanyak 2.118.565 orang tersebar pada 29 kecamatan.

Hasil DPT tersebut sebanyak 1.198 pemilih merupakan penyandang disabilitas yang merupakan tunadaksa, tunanetra, tunarungu (wicara), tunagrahita serta Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ).

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Tangerang, Muhammad Ali Zainal Abidin mengatakan pihaknya melakukan dokumentasi dan rekap saat pengiriman.

Zainal mengatakan ketika pengiriman logistik ke kecamatan di kawal petugas kepolisian hingga ke Kantor desa dan kelurahan.

Pewarta: Adityawarman(TGR)

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019