Pendidikan anak usia dini (PAUD) di Kabupaten Lebak, Banten, berkembang karena tingkat kesadaran masyarakat di daerah ini terhadap pendidikan cenderung meningkat.

"Kita mendorong masyarakat agar membudayakan PAUD guna mempersiapkan generasi yang unggul pada 100 tahun Indonesia merdeka," kata Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini NonFormal dan Informal (PAUDNI) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lebak Abdul Malik di Lebak, Senin.

Tingginya masyarakat mendirikan PAUD secara mandiri itu, karena mereka menilai pendidikan sangat penting bagi usia emas.

Pemerintah daerah mendorong masyarakat agar membudayakan PAUD di seluruh desa, ujarnya.

Pihaknya mengapresiasi, karena dari 340 desa di Kabupaten Lebak hanya delapan desa yang belum memiliki akses PAUD.

"Kami optimistis ke depan semua desa sudah memiliki PAUD itu," katanya menjelaskan.

Menurut Malik, saat ini jumlah lembaga PAUD tercatat 768 unit dengan siswa sebanyak 25.884 anak dan tenaga pengajar 676 guru.

Saat ini, lembaga PAUD di Kabupaten Lebak jauh berkembang dibandingkan lima tahun lalu, tetapi, kebanyakan PAUD tersebut didirikan oleh masyarakat dan hanya 10 lembaga yang berstatus negeri.

Karena itu, pihaknya berupaya meningkatkan kualitas PAUD dengan mengoptimalkan pelatihan-pelatihan, pembinaan, hingga workshop.

Saat ini, jumlah PAUD yang terakreditasi sebanyak 10 lembaga, sedangkan sebanyak 166 unit lembaga pendidikan nonformal tengah disosialisasikan untuk terakreditasi, termasuk PAUD.

"Kami berharap 166 lembaga pendidikan non formal dapat terakreditasi dengan memenuhi delapan standar pendidikan nasional itu," katanya menjelaskan.

Ia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Lebak juga memperhatikan PAUD dengan memberikan bantuan operasional pendidikan (BOP) melalui  DAK Kabupaten Lebak.

Mereka para siswa menerima BOP sebesar Rp600 ribu/anak guna menunjang semangat masyarakat untuk membangun pendidikan usia emas itu.

"Kami yakin PAUD  dapat mendongkrak angka partisipasi kasar (APK) dan angka partisipasi melanjutkan (APM) pendidikan dan bersinergi dengan Lebak Pintar," ujarnya.

Ketua PGRI Kabupaten Lebak Juanda mengatakan, pendidikan sejak usia dini menjadi hal penting bagi perkembangan anak-anak dan memiliki harapan yang lebih besar untuk sukses karena mereka akan mengalami perkembangan intelegensi dan kecerdasan sosial yang jauh lebih baik.

"Kami mengapresiasi minat orang tua mendidik anak-anaknya di lembaga PAUD cukup tinggi untuk mempersiapkan generasi unggul itu," katanya.

 

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019