Lebak (Antaranews Banten) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, mengimbau partai politik (parpol) segera mendaftarkan bakal calon legislatif (caleg) pemilihan umum (Pemilu) 2019.
     
"Kita memberikan batas waktu penutupan pendaftaran caleg hari ini hingga batas pukul 24.00 WIB," kata Komisioner KPU Kabupaten Lebak Cedin Rosyad Nurdin saat dihubungi di Lebak, Selasa.
     
Berdasarkan data yang diterima KPU Lebak tercatat enam parpol yang mendaftarkan caleg antara lain PDI Perjuangan, Nasdem, Demokrat, PKS, Golkar dan Gerindra.
     
Namun, dari enam parpol tersebut hanya satu parpol yang belum masuk daftar caleg pada Sistem Informasi Pencalonan (Silon) yakni PKS karena belum melengkapi shoftware.
     
Para pendaftar caleg itu yang masuk data pada Silon rata-rata 50 caleg dari enam daerah pemilihan (Dapil) tingkat Kabupaten Lebak.
     
"Kami minta 10 parpol yang belum mendaftarkan bakal caleg diharapkan sebelum pukul 24.00 WIB sudah terdaftar di KPU setempat," katanya menjelaskan.
     
Menurut Cedin, KPU akan menggugurkan jika parpol mendaftarkan bakal caleg di atas pukul 24.00 WIB.
     
Pengguguran caleg tersebut berdasarkan keputusan KPU Pusat sehingga diharapkan parpol segera mendaftarkannya.
     
Karena itu, KPU Lebak akan bekerja keras untuk  menerima 10 parpol yang akan mendaftarkan bakal caleg tersebut.
     
Diperkirakan mereka akan mendaftarkan caleg secara bersamaan hingga malam hari.
     
Saat ini, ada waktu hingga penutupan sekitar tujuh jam.
     
"Kami berharap para caleg yang mendaftar itu memenuhi persyaratan sehingga masuk kandidat peserta Pemilu 2018," katanya.
     
Ketua DPD Partai Demokrat Kabupaten Lebak Mahpudin mengatakan pihaknya merasa lega setelah mendaftar caleg ke KPU setempat berjalan lancar hingga seluruh caleg sebanyak 50 orang masuk pada Silon secara online.
     
"Kami menargetkan untuk kursi kabupaten pada Pemilu 2018 sebanyak delapan kursi dari sebelumnya enam kursi," katanya.

Baca juga: Empat Parpol Daftar Bacaleg Ke KPU Banten

Pewarta: Mansyur

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018