Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop UKM) Kota Tangerang, Banten mengungkapkan pendaftaran terkait fasilitasi barcode produk UMKM secara gratis masih dibuka hingga 25 Oktober 2024.

Kepala Disperindagkop UKM Kota Tangerang Suli Rosadi di Tangerang Sabtu mengatakan pendaftaran dilakukan melalui link https://tinyurl.com/Pendaftaran-Fasilitasi-Barcode atau scand barcode pada postingan peed IG Disperindagkop UKM

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi yakni KTP, Domisili dan Usaha di Kota Tangerang, Sudah memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) serta ssaha sudah berjalan minimal 1 tahun.

Baca juga: Disperindagkop Kota Tangerang fasilitasi barcode produk UMKM gratis

Jenis produk diantaranya pangan kemasan, fesyen atau kerajinan. Sudah pernah mengikuti pelatihan UMKM yang diselenggarakan Disperindagkop UKM Kota Tangerang.

Sudah memiliki HKI (merek) atau merek sedang dalam proses pendaftaran di DJKI dan untuk jenis produk pangan kemasan, sudah memiliki PIRT dan Sertifikasi Halal atau Halal sedang dalam proses.

"Ini menjadi langkah upaya meningkatkan kualitas dan daya saing seluruh produk UMKM di Kota Tangerang," Ujar Suli dalam keterangannya.

Ia juga mengatakan, kuota program ini ditambah untuk dimanfaatkan para UMKM yang sekiranya masih membutuhkan fasilitasi barcode produk secara legal.

Baca juga: Penjualan produk UMKM di gerai Alfamidi meningkat 65 persen

Sehingga, jumlah produk UMKM di Kota Tangerang kian banyak dan berdaya saing untuk masuk ke dalam pasar ritel nasional dan internasional.

“Nantinya, mereka yang sudah mendaftar akan lebih dulu mendapat edukasi atau sosialisasi dari sederet narasumber yang kompeten di bidangnya. Baru dilakukan barcode pada produk-produk yang sudah didaftarkan,” kata dia

Ia pun berharap, fasilitasi barcode gratis ini dapat dimanfaatkan para pelaku UMKM Kota Tangerang sebaik mungkin. Ia pun mengajak, untuk segera mendaftar sebelum kuota kembali penuh. Dalam prosesnya digratiskan atau tidak ada pungutan biaya apa pun.

“Saya berharap, melalui kegiatan fasilitasi ini, para peserta nantinya dapat meningkatkan kualitas produksi, membuka jaringan usaha dan kemitraan serta memperluas pemasaran produknya baik online maupun offline, di skala nasional maupun internasional,” katanya.

Baca juga: BFI gelar pelatihan khusus UMKM di Tangerang Raya

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024